Berbagi Berita Merangkai Cerita

BMKG : Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di NTB

18

MATARAM, DS – Fenomena gerhana matahari cincin dapat diamati dari NTB Minggu (21/6). Gerhana itu berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,029 di Gerung hingga 0,068 di Bima.

“Berdasarkan data visibilitas GMC 21 Juni 2020 di Nusa Tenggara Barat. Secara umum, gerhana di Nusa Tenggara Barat akan dimulai pada pukul 15.59 Wita, puncak gerhana terjadi pada pukul 16.26 Wita, dan gerhana akan berakhir pada pukul 16.47 WITA. Durasi gerhana yang teramati di Nusa Tenggara Barat rata-rata adalah 0,78 jam atau 46,8 menit,” ujar Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi dalam siaran tertulisnya, Minggu (21/6).

Meski demikian, secara umum dari hasil pengamatan menunjukkan gerhana matahari cincin tidak terlihat dari NTB meski cuaca cerah, karena piringan matahari yang tergerhanai hanya sedikit sekali, yakni kurang dari satu persen.

“Untuk Kota Mataram visibilitinya sangat kecil 0.031 atau hanya sekitar 3 persen,” kata Ardhianto seraya menambahkan selain di NTB, fenomena tersebut juga diprakirakan tidak terlihat di Kota Denpasar, Provinsi Bali. “Jadi, memang antara NTB dan Bali, jurang lebih hampir sama dengan denpasar, visibilitinya hampir sama,” kata Ardhianto.

Kendati demikian, dia mengingatkan bahwa masyarakat di wilayah lainnya di NTB bisa menikmati fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi pada hari ini.

“Durasi terjadinya gerhana matahari tersebut bervariasi untuk tiap-tiap daerah. Namun, untuk menikmati fenomena itu harus pakai filter karena dikhawatirkan berbahaya bagi mata bila tanpa menggunakan pelindung atau pelapis,” tandasnya.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.