BLT Digelontor kepada 271 KK Desa Apitaik

Foto : Pembagian BLT Desa Apitaik (Foto : Kusmiardi)

SELONG, DS-Pemerintah Pusat  menggelontorkan bantuan sosial untuk masyarakat lewat Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Desa (Kemendes). Bantuan sosial berupa PKH, BPNT dan BST dibawah kebijakan Kemensos RI. Sedangkan BLT di bawah kebijakan Kemendes RI.

Bantuan sosial yang sudah dicairkan tahun ini adalah BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan sudah diterima oleh warga penerima manfaat di masing- masing desa.

Pembagian BLT kepada 271 KK penerima manfaat Desa Apitaik, menurut Makmun, Sekdes Apitaik, Kamis (24/03/2022)  di ruang  langsung dilakukan Pemdes setempat. Warga masyarakat penerima manfaat  BLT antri memenuhi Aula Kantor Desa Apitaik, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Menurut Andi Nuryandi, bendahara Desa Apitaik, BLT merupakan program bantuan sosial di bawah kebijakan Kemendes yang dananya dialokasikan 40% dari jumlah DD  yang diterima oleh desa setempat.

“Penerima  manfaat  BLT  di luar dari penerima manfaat bantuan sosial yang lain. Dengan kata  lain,  tidak sebagai penerima manfaat BPNT, PKH, atau BST,” kata  Andi Nuryandi.

Andi Nuryandi  menjelaskan,   setiap penerima manfaat menerima haknya kali ini sejumlah Rp. 900.000 untuk tiga bulan (Januari, Februari, Maret). Jadi, setiap orang menerima dana BLT sejumlah Rp. 300.000,per bulan selama 1 tahun. “Sejumlah  271 orang itu menerima manfaat  BLT selama 1 tahun dengan jadwal pembagian menunggu informasi dari pemerintah,” terangnya.

Terpisah, Ismail Marzuki alias Amaq Mar, Kadus/Kawil Gubuk Pande Desa Apitaik menyampaikan harapannya terkait dengan bantuan sosial yang diterima oleh masyarakat penerima manfaat. “Alhamdulillah … semoga adanya bantuan sosial yang ada saat ini terus berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Makmun, Andi, maupun Amaq Mar mengapresiasi, adanya  dana bantuan sosial dari pemerintah sangatlah membantu. Mereka berpesan dan berharap kepada warga masyarakat penerima manfaat bantuan sosial untuk betul- betul menggunakan dana bantuan sosial dengan sebaik- baiknya.

“Kami dari Pemdes menyampaikan kepada masyarakat penerima manfaat dana bantuan sosial seperti halnya BLT, untuk memanfaatkan sebaik mungkin terutama  untuk kebutuhan pokok seperti halnya dapat membantu pengadaan  kebutuhan sehari- hari,” pesan Makmun (Kusmiardi).

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.