A place where you need to follow for what happening in world cup

BKSDA NTB Gagalkan Penyelundupan Ribuan Satwa Burung di Lembar

0 51

MATARAM, DS – Ribuan burung yang tidak dilengkapi dokumen sah diamankan petugas gabungan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB bersama Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPHLHK), serta Polres Lombok Barat di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Kamis (6/7) malam.

Kepala BKSDA NTB, Widada, membenarkan penangkapan ribuan burung tersebut. Menurutnya, penangkapan burung yang masuk satwa dilindungi itu dilakukan saat patroli gabungan untuk mengantisipasi peredaran satwa liar di Pelabuhan Lembar, pada Kamis (6/7) malam.

“Dalam patroli tersebut, saat pemeriksaan sebuah truk fuso dengan pelat nomor DK ditemukan kurang lebih 2 ribu burung,” ungkap Widada menjawab wartawan di Kantor BKSDA NTB, Jalan Majapahit, Mataram, Jumat (7/7).

Ribuan jenis burung yang ditemukan cukup bervariasi, mulai dari kepodang, punglor macan, samyong, kecial kuning, dan kecial kombo dengan harga ditaksir antara Rp 5 ribu hingga Rp 350 ribu per satu ekornya.

Widada mengakui, pihaknya saat ini sedang melakukan identifikasi jenis dan penghitungan jumlah burung di Kantor BKSDA NTB. Sedangkan untuk barang bukti dan sopir diamankan di Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Lembar, dan diserahkan ke BKSDA NTB untuk menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) BPPHLHK, dan BKSDA NTB.

“Penemuan ini merupakan salah satu upaya intensif dalam pengawasan dan pengendalian peredaran tumbuhan dan sate luar di NTB,” tegasnya.

Selain itu, BKSDA NTB secara intensif melakukan upaya konservasi satwa liar dengan terus menggencarkan kampanye perlindungan satwa liar, patroli rutin di dalam kawasan hutan, dan upaya penegakan hukum.

Widada menambahkan, ribuan burung yang berhasil diamankan rencananya akan dilepas kembali di Taman Wisata Alam Kerandangan BKSDA pada Jumat (7/7).”Pelepasliaran ini sebagai upaya konservasi satwa luar dengan mengembalikan ke habitatnya,” ujar Widada. fahrul.

Leave A Reply

Lewat ke baris perkakas