BSK Samawa

Biolove Plus, Pupuk Cair Ramah Lingkungan.

Biolove Plus

MATARAM, DS – Inovasi dalam bidang pertanian menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan terus diupayakan. Salah satu teknologi yang ramah lingkungan dalam bidang pertanian adalah Biolove Plus, pupuk hayati cair.

“Biolove Plus” selain menyediakan nutrisi bagi pertumbuhan tanaman juga untuk menyuburkan tanah, karena banyak mengandung unsur mikrobia (yang didapatkan dari fermentasi) dan mampu melawan parasit.

Distributor tunggal Biolove Plus Nusa Tenggara Barat (NTB), Haji Fakhrur Rozi, S.T., menyampaikan bahwa pupuk hayati cair yang diproduksi di Daerah Gianyar Bali ini sebagai produk unggulan yang ramah lingkungan, “Biolove Plus dapat meningkatkan produksi tanaman, disamping lebih ekonomis, karena dapat mengirit biaya hingga 10% dari cost pupuk kimia yang selana ini dipakai masyarakat petani,” papar Fakhrur Rozi, Senin (19/12/2022).

Menurutnya, Biolove Plus dihajatkan untuk membantu pekerjaan petani menuju swasembada pangan dan ketahanan pangan khususnya di Lombok dan NTB.

Tim kerja Biolove Plus NTB, Zubirman, ST., mengaku optimis petani akan berhasil dengan senantiasa menerapkan teknologi baik secara fisik maupun nonfisik.

“Insyaa Allah petani yang tergabung dalam kelompok tani (dari lahan irigsi, non irigasi, tegal, kebun, hingga perkebunan) dapat melaksanakan kegiatan usaha tani dengan manajemen
yang baik dan profesional. Termasuk pemanfaatan teknologi inovasi baru pupuk hayati cair,” kata Zubir, pensiunan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB ini.

Menurut Haji Syamsudin, S.H., M.H., petani asal Pejarakan Ampenan yang saat ini dalam pengerjaan demplot pemanfaatan Biolove Plus mengakui keunggulan teknologi inovasi baru ini seperti padi tumbuh baik dengan rumpun yang sangat banyak, hijau, sehat, dan segar.

“Sudah berbuah dengan biji yang padat berisi,” ujar pensiunan dosen Unram ini, seraya menunjukkan padi yang baru berbuah dengan malai yang lembat dengan buah yang bernas padat berisi.

“Setelah saya semprotkan pupuk hayati cair Biolove Plus, tanaman jeruk dan cabe rawit di oekarangan rumah saya tumbuh subur dengan buah hingga di seluruh bagian pokok tanaman,” aku Fahmi, petani asal Aikmel, seraya menunjukkan tanaman hartikuktura dimaksud,yang ditanam dalam pot. (Kusmiardi).

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.