Bhabinkamtibmas Kuatkan Sosialisasi dan Edukasi Kejahatan Perdagangan Orang

Sosialisasi dan edukasi cegah perdagangan orang

Lombok Barat,DS – Bhabinkamtibmas Polsek Narmada Polresta Mataram rutin menguatkan sosialisasi dan edukasi untuk mencegah korban kejahatan perdagangan orang (TPPO). Setidaknya empat lokasi disambangi, masing-masing Desa Buwun Sejati oleh Bripka Sudiyase Pande, Desa Narmada oleh Aipda Rayuanto, Desa Sembung oleh Aipda Sofian Hadi R, dan Desa Golong Bripka IB Nyoman Rai.

Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Narmada Kompol Kadek Metria, S.Sos, SH, MH, mengatakan selain melakukan penegakan hukum, upaya preventif juga terus dilakukan mencegah kasus TPPO secara masif. Bhabinkamtibmas memiliki peran dalam upaya berdialogis dengan warga binaannya.

“Bersama bekerjasama dengan aparat desa berkoordinasi rutin memberikan sosialisasi untuk menguatkan pencegahan TPPO seperti agen yang mempunyai legal standing, hati-hati memilih PT yang resmi, waspadai calo, dan perundangan-undangan TPPO, ” ucapnya Rabu (30/08/2023)

Pencegahan meliputi sosialisasi dan edukasi khususnya di daerah-daerah pedesaan yang merupakan kantong-kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengingat korban TPPO sebagian besar adalah PMI.

Kapolsek juga menekankan kepada Bhabinkamtibmas untuk terus dilakukan secara terpadu bersama-sama aparat desa sehingga hasilnya bisa maksimal.

“Penguatan koordinasi ini diharapkan semua pihak bisa melakukan pengawasan dan pemantauan apabila ada warga binaan yang ingin menjadi tenaga kerja di luar negeri,” pungkasnya.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.