Menu

Mode Gelap

Dinamika · 8 Jun 2022 19:17 WITA ·

Beri Dampak Positif, Bupati Loteng Sambut Baik Gawe Gubuk


					Audiensi LPA NTB kepada Bupati Loteng yang dihadiri sejumlah OPD terkait layanan gawe gubuk. Perbesar

Audiensi LPA NTB kepada Bupati Loteng yang dihadiri sejumlah OPD terkait layanan gawe gubuk.

Loteng,DS-Bupati Lombok Tengah, Fathul Bahri, menyambut baik rencana gawe gubuk yang digelar di lima desa akhir Juni mendatang. Karena itu, ia meminta OPD layanan terkait menyukseskan acara tersebut dan hadir pada pelayanan integratif di desa.

Menerima audiensi sekaligus silaturrahmi tim LPA NTB yang dipimpin Ketua H.Sahan SH, bupati Fathul memaparkan melalui gawe gubuk anak-anak rentan yang dilayani kedepan menjadi anak sehat dan hebat dalam menjawab setiap tantangan.

Pertemuan yang dilanjutkan dengan rapat koordinasi itu dihadiri seluruh OPD yang terlibat dalam gawe gubuk seperti Bappeda (koordinator), Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, DPMD, Dikbud, Dinas Sosial, dan DP3AP2KB.

Fathul Bahri mengemukakan Loteng dengan 139 desa dan kelurahan dengan penduduk 1 juta jiwa lebih masih mengalami persoalan kerentanan. Karena itu, pihaknya pun telah mengenal program satu hari sebagai hari kasih sayang dengan Rp 27 miliar untuk anak yatim. Pun punya yayasan “Yatim Tersenyum” yang dibantu dari infaq PNS tiap mengambil gaji. Dari gaji Rp 5.000 yang disedekahkan tersimpan Rp 100 juta sebulan yang disalurkan kepada para yatim.

Terkait gawe gubuk, Fathul Bahri menilai langkah yang dilkukan LPA NTB cukup luar biasa karena memberikan dampak positif pada kegiatan di masyarakat. Sebutlah mulai dari kepala desa memberikan ayoman kepada anak-anak yang mengalami kerentanan.

Karena itu, kata dia, desa tidak salah menganggarkan hal tersebut mengingat lingkungan anak penting sekali untuk memberikan daya dorong dan dampak positif pada anak sebagai generasi penerus kedepan.

“Sebagai bupati saya mengapresiasi kegiatan LPA yang telah bersinergi dengan pemerintah,” ujarnya.

Ketua LPA NTB, H.Sahan,SH, mengatakan gawe gubuk dilakukan di lima desa masing-masing Truwai, Rembitan, Mas-mas, Lantan, dan Aik Bukaq. Berdasarkan data sementara sebanyak 711 anak rentan sudah diidentifikasi untuk dilayani.

“Jenis kerentanan seperti kepemilikan akta, KTP, KIS, BPJS, stunting, anak putus sekolah dan disabilitas. Anak rentan dilayani sesuai tupoksi masing masing OPD,” katanya.

Sementara itu, seluruh OPD seperti Dinas Sosial, Dinas Dukcapil,Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, siap menyukseskan kegiatan gawe gubuk.

“Kami siap dukung sepenuhnya karena acara ini baik sekali,” kata Kadis Sosial Lombok Tengah, Muliardi Yunus. Sedangkan Kadis PMD Loteng, Zaenal Mustakim, menyambut baik gawe gubuk karena bertujuan agar masyarakat memeroleh hak haknya. Lanjut Kepala Bappeda setempat, secara layanan tiap OPD sudah siap menjemput program itu. ian

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jumlah Masjid di NTB Capai 9.996

15 Agustus 2022 - 21:09 WITA

Ingin Sang Dewi Bersih dan Cantik, Kru Bank Panin Dubai Syariah NTB Gotong Sampah

15 Agustus 2022 - 19:07 WITA

Ternyata Bunda Niken Fasih Nyanyikan Lagu Daerah

13 Agustus 2022 - 18:59 WITA

Ribuan Kader PKK Ikuti Jambore dan Kelilingi Kota Dompu

12 Agustus 2022 - 15:22 WITA

Lombok Barat Juara 1 Turnamen Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 19:31 WITA

Kandaskan KSB, Lobar Berhadapan dengan Kabupaten Bima pada Laga Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 12:19 WITA

Trending di Dinamika