A place where you need to follow for what happening in world cup

Beragam Simbol Nasi Rasul dan Amalan Kebaikan

26

Bahan dan bumbu pembmuatan Bubur Putik di Desa Bagik Papan

Selong, DS-Nasi Rasul, biasanya dibuat menyambut perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad Rasulullah Saw pada tanggal 12 Rabiul Awwal. Nasi ini dibuat dari beras ketan karena daya rekat yang kuat. Ini sebagjai simbul yang mengingatkan kepada untuk senantiasa bersilaturrahmi. Warna kuning, menunjukkan kematangan jiwa.

Diberi parutan kelapa memiliki makna  bermanfaat terhadap sesama. Parutan nyiur yang digoreng yang juga berwarna kuning ini bermakna bahwa kita harus menyicil (sour : Sasak) dengan pebuatan amal yang baik kepada Allahh SWT.

Diberi Emba dari irisan  tipis bawang merah yang digoreng (emba : Sasak). Emba bermakna hamba. Sebagai hamba hkaruslah senantiasa tawaddu’/merendah. Emba dibuat dari bawang karena memiliki umbi yang merah (menggambarkan hati) dengan daun yangj utuh lurus (kekhusuk’an kepada Allah). Pun terdapat teluk atau telur digoreng diiris lima dan tujuh serta telur  digoreng  tanpa diiris.

Nasi Rasul disusun tiga dengan lapisan pertama sejumah lima irisan telur, lapisan kedua sejumlah tujuh iriisan  telur  yang digoreng dadar dan lapisan ketiga ditutup dengan telur goreng dadar tanpa diris (utuh).

Susunan tiga lapisan telur goreng (dadar) memiliki makna lapisan pertama sebanyak lima irisan sebagai simbol rukun Islam (lima perkara), susunan lapisan kedua dengan tujuh  irisan tleur goreng dadar senmagai simbol rukun iman (tujuj perkara) dan susunan  lapisan ketiga dengan telut goreng dadar tanpa irisan (utuh). Ketiga susunan itu bermakna Usul, Tasauf dan Fiqih dan asal usul kita satu yaitu Nur Muhammad.

“Karena itu, tradisi dari leluhur kita jangan dibuang apalagi sampai hilang. Seyognya kita kaji, karena sesungguhnya memiiki makna dan pesan yang berharga. Sebagaimana sesenggak/lelakak (pantun : Indonesia), permainan tradisional dan kearifan lokal lainnya,” pesan Suhaeli, sembari menambahkan bahwa dalam beberapa kitab disebutkan beberapa keutamaan bulan Muharram.

“Pada tangggal 9 dan  10 Muharram dianjurkan berpuasa sunnah, mengingat juga karena adanya  beberapa peristiwa penting yang bertepatan dengan tanggal tersebut.  Seiring dengan  itu, dilakukannya do’a akhir tahun dan do’a awal tahun,” imbuhnya.

Dari  tradisi  Bubur Putik dan Bubur Abang, memiliki makna anjuran untuk melakukan puasa, amal ibadah, dan adanya peristiwa penting dalam bulan saat dilaksanakan tradisi budaya religi (bubur putik dan bubur abang) tersebut.

Puasa tanggal 9 dan 10 Muharram dianjurkan untuk berpusa sunnah  Dalam kurun waktu  tanggal 9 dan 10 Muharram selain berpuasa juga dilakukan pembacaan do’a akhir tahun dengan mengambil waktu ba’da shalat Ashar dan do’a awal tahun dilakukan ba’da shalat Magrib.

Muharram berarti terlarang. Pada bulan Muharram dilarang untuk berperang atau  melakukan kekerasan  dan jenis apapun terlarang selama Muharram. Karena itu  hal terbaik yang diakukan adalah melakukan amalan amalan kebaikan. kus

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas