Berbagi Berita Merangkai Cerita

Begini Pandangan Mantan Bupati Lotim Terkait Dana Haji dan Nasib BUMN

83

Ali bin Dachlan

SELONG,DS-Persoalan terkait dana haji menyusul tidak diberangkatkannya jamaah haji Indonesia oleh Pemerintah dengan alasan Covid 19 dan BUMN yang banyak merugi, dicermati kritis mantan Bupati Lombok Timur, Dr.H.Moch.Ali bin Dachlan.

Dalam akun facebooknya yang dikutip dutaselaparang, Kamis (10/6), Ali BD menilai dana haji dan dana abadi ummat yang “diternakkan” melalui bank syariah seharusnya bagian keuntungannya dibagi kepada para penabung (nisbah).

“Bukan hanya dinikmati oleh para pengurus dan pegawai.Inilah yang disebut syariah,” katanya. Sebaliknya jika tidak dibagi, kata dia, sama dengan penyelewengan syariah.

“Saya tidak yakin pemerintah menyelewengkan dana haji, kecuali pemerintah meminjamnya melalui saluran bank syariah dengan ketentuan sama dengan peminjam lainnya,” ujarnya.

Menurut Ali, pengawasan OJK terhadap lembaga keuangan sangat ketat,sehingga kemungkinan pelanggarannya sangat kecil. Namun ia berharap dana haji jangan dimonopoli oleh bank syariah yang menyebabkannya meraup keuntungan tanpa berfikir dan bekerja keras. “Jumlah dana haji tersebut kini melampaui angka 136 triliun,” cetusnya,

Ali juga mewanti-wanti BUMN yang mengelola anggaran ribuan triliun yang satu persatu rugi dan kemungkinan akan berguguran. Mengapa?

“Pemerintah telah mengundang perusahaan asing untuk menyaingi perusahaannya sendiri.Pemerintah juga telah mengundang fintech asing untuk menyaingi perusahaan keuangannya sendiri,” paparnya.

Ali menyebut PT Kereta Api, PT Garuda,PT.Wijaya Karya,PT.Kimia farma,PT PLN, Jiwasraya, Asabri, dan sejumlah perusahaan lainnya rugi.

“Dahulu PT Merpati sudah jadi fosil dan sebentar lagi Garuda,” ujar Ali.

Sementara menteri BUMN membagi jabatan pengurus (direksi dan komisaris) bukan dari kalangan profesional yang unggul dan utama. “Hai para buzer, jangan heran jika dalam beberapa bulan lagi ada BUMN yang akan gulung tikar,” katanya seolah berteriak. ian.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.