BSK Samawa

BBPOM Mataram Deklarasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani 2023

Deklarasi BBPOM Mataram

Mataram–DS.Balai Besar POM di Mataram melakukan Deklarasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Plazza, Kamis (16/03/2023), dihadiri Kepala BBPOM Mataram, Asisten II Sekda NTB, Loka POM Bima, Inspektur Utama Badan POM RI (secara online) dan serta peserta yang merupakan perwakilan dari lintas sektor seperti Ombudsmen Provinsi NTB, Kejaksaan Tinggi NTB, BPKP NTB , BNN NTB , BPS NTB , Kepolisian, Organisasi Perangkat Daerah (OPD),PKK NTB, KPID NTB, perguruan tinggi, organisasi profesi, pelaku usaha di bidang obat dan makanan.

Kepala Balai Besar POM di Mataram, Dra I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt., menyampaikan Zona integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya memiliki komitmen mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Refomasi Birokrasi.

“Deklarasi/pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah bahwa instansinya telah siap membangun ZI bertujuan agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan Reformasi Birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” ungkapnya.

Selain itu, Deklarasi merupakan salah satu cara menata kembali Birokrasi Pemerintahan yang berorientasi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, memotong jalur birokrasi yang selama ini berbelit-belit dan memanjakan masyarakat (pemohon) dengan berbagai fasilitas penunjang dimana harapannya adalah agar masyarakat merasa dimudahkan dalam prosesnya dan cepat terlayani dengan baik. tutur Gusti Ayu

Gusti Ayu mengatakan tujuan dari penyelenggaraan deklarasi yaitu mewujudkan Tata Nilai Budaya Kerja BBPOM di Mataram yang profesional, inovatif, responsif, transparan dan akuntabel serta meningkatkan integritas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan Obat dan Makanan di wilayah provinsi NTB guna mewujudkan good governance.

“Melalui kegiatan ini kami berharap terwujudnya pembangunan zona integritas di BBPOM Mataram menuju WBK/WBBM pada tahun 20223,” harapnya.

Inspektur Utama BPOM RI, Dra. Elin Herlina, Apt, MP, menyapaikan bahwa peran unit kerja dalam percepatan implementasi RB melalui ZI menuju WBBM merupakan wujud komitmen unit kerja dalam membangun pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Komitmen ZI bukan hanya dilakukan oleh pimpinan namun butuh peran serta dan dukungan oleh seluruh karyawan dan staf di lingkungan BBPOM di Mataram.

“Hasil dari penilaian oleh Inpektorat BPOM RI bahwa BBPOM di Mataram dinilai sudah baik. Dan semoga BBPOM di Mataram dapat meraih WBBM pada tahun 2023,” ujarnya

Terkait inovasi, Elin Herlina mengatakan bahwa semua inovasi akan baik apabila dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Inovasi yang baik akan muncul apabila ada hubungan baik antara kita dengan pelanggan, sehingga kita memahami apa kebutuhan dari pelanggan dan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Sekda NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, SP.A., MPH. menyampaikan bahwa BBPOM di Mataram sudah siap menjalankan deklarasi pembangunan ZI menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani karena indeks-indeks kinerja yang perlu disampaikan merupakan penunjang dari proses Balai Besar POM di Mataram itu sendiri.

“BBPOM di Mataram dinilai sudah sangat baik dalam menjalankan program pembangunan ZI menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani di ruang lingkup organisasi,” ungkapnya

Acara diakhiri dengan melakukan tanda tangan petisi untuk mendukung pembangunan ZI menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani.md

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.