Bawaslu Pantau Tahapan Pendaftaran Bacaleg, Imbau Parpol Atensi Jadwal Pendaftaran

Selong, DS- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terus mengawasi berbagai tahapan pemilu 2024, termasuk tahapan atau jadwal pendaftaran bacaleg.

Petugas dan sejumlah komisioner Bawaslu siaga di Kantor KPUD Lombok Timur sejak proses pendaftaran dibuka mulai 1 Mei kemarin. Pendaftaran bacaleg mulai Tanggal 1-14 Mei 2023, yakni Tanggal 1-13 dari jam 8.00-16.00. hari terakhir jam 08.00 sampai dengan jam 23.59 Wita.

Ketua Bawaslu Lotim, Dr. Retno Sirnopati mengatakan seluruh Parpol harus memberikan atensi serius terhadap jadwal pendaftaran dan harus memahami berbagai regulasi semua tahapan sehingga tidak ada sengketa ke depannya

“Agar pengurus Parpol pahami regulasi dengan tepat, maka silakan komunikasi dan konsultasi ke KPU,” sarannya.

Dikatakan, kebiasaan pendaftaran diketahui selalu di di akhir-akhir pendaftaran. Dibutuhkan kesiapan parpol untuk sejak dini menyiapkan administrasi persyaratan calon.

“Pastikan kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan administrasi fisik maupun non fisik yang diunggah di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon),”ujarnya.

Menurutnya, saat proses pendaftaran ini bisa jadi potensi sengketa. Misalnya, siapa saja orang yang diminta mengundurkan diri proses pencalonan, seperti para kades atau pejabat di BUMD yang juga harus mundur. Kedua, potensi ada di bacaleg eks Narapidana yang ikut dalam daftar calon.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 2023 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, semua persyaratan calon dengan jelas tertuang. Karna itu, Parpol diminta dapat memahami regulasi dasar tersebut dengan cermat.lr

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.