Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 17 Sep 2019 07:03 WITA ·

Batal Dibantu Rp 59 Miliar, Bupati Lotim Tegaskan Kemandirian


					Sukiman Azmy Perbesar

Sukiman Azmy

SELONG,DS-Pemerintah dan masyarakat Lombok Timur harus mampu menunjukkan kemandirian. Hal itu disampaikannya saat menggelar rapat bersama Dinas Pertanian setempat, petani bawang putih dan importir pada Senin (16/08) terkait pembatalan dana Rp 59 miliar dari Pusat sebagai bagian ditunjuknya Sembalun sebagai sentra pembibitan bawang putih nasional oleh Pemerintah Pusat.

Karena telah berupaya optimal, Sukiman menegaskan hal itu tidak boleh menjadi kendala dalam upaya mendukung swasembada bawang putih dan mengembalikan kejayaan bawang putih Sembalun. “Tak ada rotan akar pun jadi,” ungkapnya, “bahkan akar itu seringkali lebih kuat dari rotan,” tambahnya membangun optimisme.

Sukiman meminta semua pihak memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal dan meminta petani tidak menyerah. Kaitannya dengan itu Sukiman meminta dukungan importer agar dapat bekerjasama dengan petani Sembalun. Bupati menyatakan hal itu akan didukung dengan regulasi yang akan membolehkan importer bekerjasama dengan kelompok tani untuk menanam bibit bawang putih di Sembalun.

Hal ini ditanggapi positif utamanya mengingat potensi produksi ada di sekitar Maret dan April mendatang. Penanaman oleh importir bekerjasama dengan kelompok tani ini merupakan rekomendasi Pemerintah untuk mencegah kekosongan penanaman di Sembalun. Diharapkan pula dengan adanya revisi pada regulasi sebelumnya dapat mengurangi ketidakpastian petani bawang putih Sembalun.

Kerjasama antara kelompok tani dan importir yang tengah diupayakan melalui revisi regulasi yang ada saat ini diharapkan mendatangkan keuntungan kedua belah pihak, baik petani maupun importir. Dengan upaya ini Petani akan memiliki kepastian atas produk yang dihasilkannya.

Pada akhir rapat, Bupati Sukiman meningatkan pula kepada Kepala Dinas Pertanian dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk mengatur tata niaga tembakau.hm

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

‘Begawe Ngujur’ Cara Nelayan Ampenan Sambut Kunjungan PLN

21 Mei 2022 - 15:36 WITA

Sarapan di Mataram, The Sultan Food Aja

20 Mei 2022 - 17:36 WITA

PT DNA akan Menyerap Semua Jagung Petani

18 Mei 2022 - 16:39 WITA

JMSI Apresiasi KBRI Madrid dan Dubes RI Kerajaan Spanyol Bangun Poros Global

17 Mei 2022 - 17:49 WITA

Tambah Satu Mobil Tangki Lagi, HBK PEDULI Tingkatkan Suplai Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

17 Mei 2022 - 17:09 WITA

Harga Jagung Anjlok, Gubernur NTB Beri Solusi Jalur Ekspor

15 Mei 2022 - 19:09 WITA

Trending di Ekonomi