Berbagi Berita Merangkai Cerita

Baru 197 Karyawan di Lombok Timur Dapat Bantuan Terdampak Covid-19 pada Tahap II

24

SELONG, DS – Pencairan bantuan subsidi upah (BSU) bagi tenaga kerja yang bergaji dibawah Rp. 5 juta telah memasuki tahap kedua. Bantuan ini sendiri merupakan kebijakan pemerintah pusat dalam membantu tenaga kerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Pendataan penerima bantuan ini juga telah diselesaikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek). Di kabupaten Lombok Timur sendiri, terdapat lebih dari 6.000 tenaga kerja yang telah didata untuk mendapatkan bantuan ini.

Besaran bantuan yang akan diberikan kepada masing-masing orang nilainya Rp. 600 ribu perbulan. “Total bantuannya Rp. 2,4 juta. Perbulan Rp. 600 ribu dan diberikan selama 4 bulan. Di Lombok Timur, ada 6.400 yang sudah lengkap datanya,” tutur Kepala BP Jamsostek Lombok Timur, Akbar Ismail, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Secara nasional, pencairan bantuan pada tahap awal diberikan kepada 2,5 juta pekerja. Sedangkan di tahap kedua, terdapat 3 juta pekerja yang terdata menerima bantuan penanggulangan dampak Covid ini.

“Khusus untuk di Lombok Timur, tahap pertama belum ada di Lombok Timur. Di tahap kedua ini, 197 orang,” sebutnya.

Ia pun mengaku tidak mengetahui nama-nama penerima tersebut. Karena pencairan bantuan tidak melalui BP Jamsostek. BP Jamsostek sendiri hanya bertugas melakukan pendataan, sedangkan pencairannya langsung ditransfer ke rekening karyawan penerima.

Dikatakan lebih lanjut, pada awalnya penyaluran BSU akan berlangsung hingga Desember mendatang. Namun, pemerintah pusat kembali memperpanjang batas waktu peyaluran.

“Kami dapat informasi lagi diperpanjang sampai kuartal pertama 2021. Bisa jadi, temen-temen dapatnya bukan 4 bulan, tapi 8 bulan. Semoga,” ucapnya.

Namun belum ada mekanisme yang ditetapkan dalam perpanjangan tersebut. Apakah nantinya mekanisme tersebut mengakomodir tenaga kerja yang baru mendaftar. Ataupun bantuan akan diberikan kembali kepada tenaga kerja yang sudah mendapat BSU sekarang ini. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.