Berbagi Berita Merangkai Cerita

Bapas Mataram Minta NU NTB Bantu Isi Kerohanian Penghuni Lapas

40

FOTO.Kabapas Mataram, Sudirman saat bersama jajarannya bersilaturahmi dengan pengurus PWNU NTB. (FOTO. Rul)

MATARAM, DS – Kepala Balai Pemasyarakatan (Kabapas) Mataram, Sudirman mengunjungi Kantor PWNU NTB di jalan Pendidikan, Kota Mataram, Senin (8/2).

Kedatangan Sudirman tidak sendiri. Ia didampingi Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Moh. Zainul Ahzan dan sejumlah stafnya bersilaturahmi guna meminta bantuan kepada jajaran PWNU NTB agar bisa membantu mengisi kerohanian pada masyarakat yang masuk lapas agar setelah keluar nanti tidak lagi masuk ke Lapas.

“Kami berharap adanya bantuan Ormas. Salah satunya PWNU minimal ada Dakwah Efek pada penghuni Lapas untuk mengisi kerohanian mereka,” kata Sudirman.

Ia mengungkapkan, jalinan kerjasama dengan NU diharapkan akan bisa menyasar tiga hal. Yakni, bantuan pembimbingan keperibadian, kemandirian serta pengawasan.

Apalagi, lanjut Sudirman, mereka yang masuk Lapas karena masalah kriminal belum tentu kejahatan murni. Namun dimungkinkan,  ada yang keliru dari kerohanian mereka.

“Kalau soal pembimbingan kemandirian, biasanya mereka yang masuk Lapas mungkin juga karena terpaksa atas keadaan ekonomi. Sehingga, aspek pengawasan juga tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah melainkan kerjasama dengan ormas juga seperti dengan NU sangat diharapkan,” jelasnya.

Sudirman menuturkan, dengan dakwah NU yang selama ini dikenal sejuk dan damai akan bisa memberikan pencerahan rohani pada penghuni maupun alumni Lapas.

“Minimal jika ada sentuhan kerohanian dari pendakwah dari NU. Maka, akan terbuka isi kerohanian penghuni Lapas untuk bisa berubah saat keluar dan berbaur dengan masyarakat kedepannya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWNU NTB Prof. TGH. Masnun Tahir, memastikan pihaknya  terbuka untuk siapapun termasuk pada Bapas Mataram.

“Insya Allah, NU memiliki banyak SDM guna memenuhi usulan kerjasama dari Balai Pemasyarakat Mataram guna mengisi sekaligus membantu membentuk kerohanian para penghuni Lapas agar lebih baik kedepannya,” kata Prof Masnun. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.