Menu

Mode Gelap

Pemerintah · 18 Mei 2022 16:36 WITA ·

Banyak yang Melakukan Sesuatu Tanpa Data Jelas


					Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Perbesar

Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah

Mataram,DS-Melihat momentum Sensus Penduduk (SP) Lanjutan (Long Form) menjadi peran strategis dalam menentukan arah kebijakan pemerintah. Karena banyak orang melakukan sesuatu tanpa data yang jelas. Kalau berjalan dengan data itu ibarat kita jalan ditempat yang terang begitu juga sebaliknya tanpa data seperti berjalan ditempat ruangan yang gelap tidak tahu arah menuju pintu dan seterusnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah pada Rapat Koordinasi Daerah Long Form Sensus Penduduk Tahun 2020 BPS se-provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bertajuk “Sinergi dan Kalaborasi Dalam Mencatat Indonesia Untuk NTB Gemilang” bertempat di Hotel Aston Inn Mataram (18/5).

Selain itu, Umi Rohmi sapaan populer Wagub meminta kepada seluruh kepala OPD di Provinsi NTB memandang ini menjadi sesuatu yang sangat penting. Long Form Lanjutan SP 2020 menjadi kebutuhan kita bersama bukan hanya BPS.

“Kadang menjadi salah kaprah menganggap terhadap segala sesuatu yang dilakukan, siapa yang meluncurkan program itu seolah-olah hanya itu yang membutuhkan. Padahal itu semua menjadi kebutuhan kita bersama dan data sangat menentukan dalam mengambil kebijakan pemerintah,” jelas Umi Rohmi.

Umi Rohmi berharap agar program SP 2020 berjalan lancar dengan pembekalan lebih mantab sehingga ketika para petugas sensus turun nantinya tidak terjadi miskomunikasi data yang didapatkan, dan masyarakat paham apa yang disampaikan oleh para petugas.

Sementara itu Kepala BPS NTB, Dr. Wahyudin mengatakan sensus penduduk akan dimulai Bulan Mei-Juni 2022 sebagai sensus lanjutan. Sebelumnya pada tahun 2020 BPS sudah melakukan sensus penduduk secara online dan offline.

“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi atas kerja keras BPS di Provinsi maupun kabupaten/kota dengan sumbangsih tenaga dan pikiran sehingga BPS makin terpercaya oleh pemerintah sebagai satu-satunya lembaga penyedia data dan indikator untuk mendukung pembangunan Nasional,” ungkapnya.

BPS memiliki peran strategis dalam mengambil kebijakan oleh pemerintah. Karena itu, ia mengajak kepada rekan-rekan BPS baik yang ada di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mengawal terhadap kegiatan pengumpulan data di lapangan.kmf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KTT Bebaturan Siapkan Sapi untuk Hewan Kurban

3 Juli 2022 - 15:26 WITA

Sukses Operasi Pemisahan, Bayi Kembar Siam asal Lombok Boleh Pulang

1 Juli 2022 - 20:22 WITA

Gubernur Ajak Mahasiswa Hindu Bahas Isu Strategis Bangsa

1 Juli 2022 - 12:50 WITA

NTB Jadi Pusat Data iklim Terbesar di Asia Tenggara

1 Juli 2022 - 12:46 WITA

Gubernur NTB Buka MTQ XXIX 2022 Tingkat Provinsi di Lombok Timur

1 Juli 2022 - 12:40 WITA

Wagub NTB Apresiasi Progres Penyelesaian Permasalahan P3D Pemkab dan Kota Bima

30 Juni 2022 - 18:14 WITA

Trending di Pemerintah