A place where you need to follow for what happening in world cup

Banyak WNA Masuk Indonesia, PKS Anggap Pemerintah Tak Konsisten Aturan

30

FOTO. Inilah sejumlah WNA Asing yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta. (FOTO. RUL/DS)

MATARAM, DS – Kebijakan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah dinilai tidak konsisten ditegakkan. Di satu sisi  begitu ketat melarang warga mudik namun di lapangan malah memberi kelonggaran terhadap WNA China dan India untuk masuk ke Indonesia. Parahnya, beberapa dari WNA tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 .

Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama ST menyayangkan, ketidakkonsistenen pemerintah yang lebih cenderung membela warga asing namun memperketat aturan pada warganya.

“Dari seringnya merubah kebijakan dalam waktu yang singkat dalam bentuk revisi, adendum dan istilah lain, sepeti surat edaran Satgas yang sudah dua kali melakukan perubahan dalam bentuk adendum dan Kementerian Dalam Negeri yang merubah Surat edaran pada hari yang sama,” kata Suryadi dalam siaran tertulisnya, Sabtu (8/5).

Menurut Politisi PKS asal Lombok Timur itu, ketidak konsistenen terjadi juga antar kementerian dan lembaga. Hal ini menunjukkan ketidakmampuan Presiden dalam mengkoordinir para menteri agar bergerak dalam satu irama dan fokus untuk menangani pandemi Covid-19.

“Aneh, ada juga menteri yang tiba-tiba mengumumkan akan mulai grounbreaking pembangunan ibukota, padahal UU sebagai dasar hukum saja belum dibahas hingga kini,” tegas SJP.

Ia menyatakan, ketidak konsistenan yang terjadi di pusat itu berdampak pada pelaksanaan di pemerintah daerah dan juga aparat pelaksana di lapangan. Di mana, penyelenggara pemerintahan di daerah menjadi kebingungan dalam menjalankan kebijakan tersebut.

Termasuk, lanjut SJP, masyarakat menjadi kehilangan kepercayaan terhadap kemampuan dan keseriusan pemerintah dalam menanangani berbagai masalah yang sedang di hadapi.

“Kita minta agar presiden segera membuat kebijakan yang komprehensif, termasuk  larangan bagi  WNA,  khususnya Cina dan India untuk masuk ke Indonesia,” tandas Suryadi JP. RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas