Menu

Mode Gelap

Fenomena · 19 Jun 2022 06:41 WITA ·

Banjir Meninting Sempat Mencemaskan namun Air Sudah Kembali Surut


					Kondisi Sungai Meninting yang masih bisa menahan banjir. hm Perbesar

Kondisi Sungai Meninting yang masih bisa menahan banjir. hm

Lobar, DS-Sungai Meninting sempat mencemaskan ketika pada Jumat (17/6), mengalirkan air yang cukup deras. Hal itu berdampak pada tergenangnya lokasi galian di cut off dan downstream, beberapa alat berat yang sedang beroperasi terendam. Namun, tidak ada korban jiwa karena air kemudian surut sekitar jam 16.30 wita.

Kepala BWS Nusa Tenggara 1, Dr.Ir. Hendra Ahyadi,ST. MT, dalam siaran persnya mengemukakan Bendungan Meninting sendiri belum dimulai penimbunannya sehingga tidak ada yang jebol.
“Untuk timbunan yang sudah di laksanakan berada di sandaran kiri dan kanan bagian hulu, sedangkan bagian hulu ke hilir khususnya alur sungai masih proses galian pondasi,” katanya seraya menyebut kondisi seperti itujustru membuktikan semakin diperlukannya bendungan untuk mereduksi banjir akibat kerusakan lahan di atasnya dan perubahan iklim.

Terjadinya banjir yang melewati Sungai Meninting pada lokasi proyek akibat beberapa faktor antara lain hujan dengan intensitas tinggi di bagian daerah hulu. Banyak material yang terbawa banjir sehingga berdampak pada penyumbatan aliran disebabkan pohon dan ranting yang terbawa arus.

Menurut Hendra, akibat persitiwa itu alat berat yang sedang beroperasi sebagian dipindahkan. Namun, ada beberapa alat berat yang tidak sempat dievakuasi antara lain : vibro roller 1unit, alat breaker 1 unit, excavator ripper 2 unit (1 unit lagi perbaikan ), bulldozer 1 unit.

“Tidak ada longsor, hanya tergerus pada lokasi timbunan batuan selektif lokasi maincover dam. Yang longsor itu adalah jalan akses alat berat yang berada di belakang dam sementara untuk jalur angkutan material timbunan,” cetus Hendra.

Hendra mengatakan, pada lokasi-lokasi yang terdampak akan dilakukan pemompaan air di daerah pondasi/cut off bendungan. Di sepanjang Sungai Meninting aman dan tidak ada luapan air ke permukiman warga. Sementara itu, Tim Reaksi Cepat Posko Bencana Banjir masih melakukan identifikasi. kmf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Belum Cukup Umur, Rencana Kawin Catin Anak Berhasil Digagalkan

14 Juli 2022 - 18:33 WITA

Sosialisasi Perlindungan Anak, Kemen PPPA Nilai Perkawinan Anak di NTB Tertinggi Keempat

8 Juli 2022 - 14:20 WITA

Pembalap MXGP Samota Naik Dokar, Masyarakat Tumpah Ruah

25 Juni 2022 - 10:56 WITA

Gubernur NTB Ingatkan OPD Respon Keluhan Masyarakat di Medsos

19 Juni 2022 - 20:03 WITA

Plt Kadis Kominfotik NTB : Tenaga Terampil Digital Kian Dibutuhkan

15 Juni 2022 - 06:50 WITA

Ini Tentang Keampuhan ‘Senggeger’ Pulau Lombok yang Melegenda

11 Juni 2022 - 18:11 WITA

Trending di Fenomena