Berbagi Berita Merangkai Cerita

Bangkitkan Pariwisata NTB di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Hamzanwadi Jalin Kerjasama dengan Poltekpar Lombok

29

FOTO. Wakil Rektor III Universitas Hamzanwadi Dr. H Musifuddin saat melakukan penandatanganan PKS dengan perwakilan Poltekpar Lombok. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Universitas Hamzanwadi bersama Poltekpar Lombok membangun kerja sama guna memberikan kontribusi kemajuan pariwisata di NTB. Penandatanganan kerjasama itu ditandatangani usai kegiatan Rakor Kepariwisataan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata NTB, Jumat (19/3).

Wakil Rektor III Universitas Hamzanwadi Dr. H Musifuddin mengatakan, penandatanganan PKS antara Poltekpar dengan pihaknya tidak lain sebagai wujud peran serta perguruan tinggi guna membangun pariwisata perguruan tinggi.

Diharapkan, adanya PKS ini, akan bisa membantu membangkitkan keterpurukan dunia pariwisata yang porak poranda oleh pandemi Covid-19 di wilayah NTB.

“Minimal dengan masuknya perguruan tinggi dalam sisi pariwisata akan bisa membantu melakukan pemberdayaan di masyarakat pelaku pariwisata,” kata Musifuddin dalam siaran tertulisnya.

Menurut dia, kesepakatan yang terjalin tersebut akan difokuskan dalam membangun pariwisata yang melibatkan stake holder multi pihak.

Di mana, lanjut Musifuddin, kolaborasi itu akan bisa meningkatkan jalinan antara kerjasama lebih erat, baik pemerintah, swasta dan semua pelaku pariwisata kian erat kedepannya.

“Harapannya, masuknya perguruan tinggi dari sisi kajiannya akan bisa membantu Pemda NTB bisa perlahan-lahan terlepas dari persoalan pariwisata yang kini mengalami penurunan sebagai akibat pandemi virus korona,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Kerja Sama dan Humas Universitas Hamzanwadi Dr. Muhammad Halqi menambahkan, kerja sama dengan Poltekpar Lombok hari menjadi rising start.

Apalagi, penandatanganan nota kesepahaman dan PKS dengan Poltekpar Lombok akan bisa memberikan manfaat besar bagi semua masyarakat, terutama para pelaku pariwisata yang selama ini telah menerima dampak besar dalam kehidupan ekonomi.

“Bentuk konkret dari keterlibatan perguruan tinggi adalah pemberdayaan dan pendampingan,” tegas Halqi.

Ia menyatakan, selama ini Universitas Hamzanwadi telah melakukan pendampingan dan kerja sama dengan berbagai pihak, namun untuk memperluas dan pengembangan, maka pihaknya menggandeng perguruan tinggi negeri di Lombok Tengah itu.

“Semoga membawa berkah untuk kemajuan bersama. Membantu pemerintah menuju pariwisata kelas dunia, karena kedepan sektor ini akan menjadi penting dalam meningkatkan perekononian masyarakat,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.