Berbagi Berita Merangkai Cerita

Bahagia Sambut Idul Adha, Rachmat Ajak Gelorakan Semangat Berbagi Dimasa Pandemi

71

FOTO. Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H. Rachmat Hidayat (kanan) didampingi Sekretaris DPC PDIP Mataram Nyayu Ernawati saat menunjukkan daging qurban yang dibungkus dengan bambu yang ramah lingkungan. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Keluarga besar DPD PDI Perjuangan Provinsi NTB bersama DPC PDI Perjuangan Kota Mataram berbahagia dengan datangnya Idul Adha yang diperingati umat Islam di dunia. Hikmah Idul Adha berupa semangat rela berkorban, dinilai relevan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah untuk seluruh umat Islam. Semoga hadirnya hari yang sangat penting ini mampu melipatgandakan semangat pengorbanan di antara kita untuk membantu sesama menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi NTB H. Rachmat Hidayat saat meninjau penyembelihan hewan ternak di halaman kantor DPD PDI Perjuangan NTB, Rabu (21/7).

Rachmat mengatakan, penyembelihan hewan qurban dilakukan di dua tempat yakni, di kantor DPD PDI Perjuangan NTB di Mataram yang dikoordinir DPC PDI Perjuangan Mataram dan di Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Khusus di Lotim terdapat sebanyak empat ekor sapi yang disembelih oleh H. Rachmat Hidayat yang juga anggota DPR RI itu. Teknisnya, pengurus DPC PDI Perjuangan Lombok Timur bekerjasama dengan masyarakat melalui pengurus masjid setempat.

Di antaranya, pengurus Masjid At-Taqwa sebanyak 1 ekor sapi, Al-Wasilah sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor di tanah gadang yang merupakan rumah pribadi H. Rachmat.

Sementara, untuk di Kota Mataram, DPC PDI Perjuangan setempat bekerjasama dengan sayap partai. Yakni, Baitul Muslim DPC PDIP Kota Mataram yang dikomandoi TGH. Izzul Fikri dan Ketua DPC Ir Made Slamet.

Di mana, hewan ternak yang disembelih sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang merupakan bantuan dari DPD PDIP NTB.

Bagi Rachmat, Idul Adha menjadi inspirasi untuk terus bergotong royong di masa penuh keprihatinan saat ini. Dengan gotong royong yang dilandasi semangat pengorbanan, tentu akan lebih mudah bagi bangsa kita dalam melewati pandemi.

“Seperti arahan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri Putri, maka para kader harus dapat menangis dan tertawa bersama rakyat. Tentunya, hal ini selaras dengan semangat Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta alam, membumi dalam semangat pengorbanan, membantu sesama, berjalan beriringan dalam suka dan duka untuk menggapai rida Ilahi. Terlebih, dalam situasi pandemi yang serba sulit saat ini,” tegas dia.

Menurut Rachmat, di masa sulit saat ini, siapapun wajib bergandengan tangan untuk seiring sejalan bersama pemerintah untuk sama-sama tetap menegakkan protokole kesehatan.

Apalagi, lanjut dia, pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak henti-henti terus mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi setiap komponen dalam protokol kesehatan (Prokes) tersebut.

Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terdiri atas 5 M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi.

“Maka, pemotongan hewan qurban yang dilakukan DPD PDI Perjuangan NTB di Lombok Timur dan Kota Mataram mengedepankan prokes yang ketat. Bahkan, pembungkus daging yang akan dibagikan pada masyarakat miskin penerima bantuan hewan qurban menggunakan pembungkus yang amah lingkungan dari bambu. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah pusat dan daerah guna mengurangi limbah plastik,” jelas Rachmat.

“Dagingnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan,” sambung dia.

Rachmat tak lupa mengajak semuanya untuk berdoa agar pandemi bisa segera berlalu. Sehingga kehidupan keagamaan, kesehatan, sosial, pendidikan, dan ekonomi bisa kembali pulih. Termasuk aktivitas keagamaan seperti beribadah haji yang tahun ini kembali tidak bisa dijalankan oleh warga yang berada di Tanah Air.

“Semua umat Islam telah merindukan untuk kembali ke Tanah Suci. Datangnya Idul Adha membuat kerinduan itu semakin kuat, karena momen-momen inilah dijalankan rangkaian ibadah haji,” tandas Rachmat Hidayat.

Pantauan wartawan, pemotongan di kantor DPD PDIP NTB yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Kota Mataram langsung dikomandoi H. Rachmat Hidayat.

Menggunakan topi koboi, Haji Rachmat menginstruksikan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Mataram, Nyayu Ernawati untuk membagi hewan qurban pada masyarakat miskin di sekitar wilayah lingkungan kantor DPD PDIP setempat. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.