Berbagi Berita Merangkai Cerita

Apresiasi Kredit Tanpa Bunga, OJK NTB Harapkan Kabupaten Lain Tiru Lombok Timur

55

SELONG, DS – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Farid Faletehan, berharap kabupaten lain dapat menyusun program serupa dengan program Lombok Timur Berkembang (Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa Bunga). Hal ini dikatakannya saat menghandiri peluncuran program Lombok Timur Berkembang, Kamis (03/09/2020).

Farid pun menyebut program Lombok Timur Berkembang sebagai program yang sangat bagus dan merupakan yang pertama di NTB. Program yang ditujukan untuk memudahkan para peternak mengakses lembaga keuangan agar dapat mengembangkan usahanya.

“Kami berharap di kabupaten lainnya juga mempunyai program yang sama. Meskipun nasabahnya beda, tapi sebisa mungkin memberikan akses ke lembaga keuangan dengan berbagai program pemerintah,” harapnya.

Melalui program ini, nasabah yang merupakan para peternak tidak dibebankan bunga sama sekali. Selain itu, hewan ternak yang mati ataupun hilang akan mendapat kompensasi dari pihak asuransi, yakni PT. Jasindo.

“Nasabah yang menggunakan program ini, bunganya sudah 0%. Kalaupun ada yang hilang ataupun mati, itu di tangani asuransi,” tutur dia.

Penggelontoran dana yang tidak terlalu besar, akan dapat dinikmati oleh masyarakat yang lebih banyak, dengan menerapkan pola subsidi yang diberlakukan oleh pemerintah daerah.

“Katakanlah dengan uang Rp. 5 miliar, bisa memberikan kepada 5.555 peternak. Kalau Rp. 5 miliar disalurkan langsung, jumlah penerimanya kan tidak terlalu banyak,” jelasnya.

Ia pun menyatakan OJK NTB siap mengkoordinir berbagai bentuk kerjasama pemerintah daerah dengan lembaga keuangan. Diharapkannya, pemerintah daerah lebih aktif dalam menyediakan akses ke lembaga keuangan bagi masyarakat. Agar terjadi perkembangan ekonomi yang baik di daerah.

“Lembaga keuangannya, OJK siap yang mengkoordinir. Mau itu perbankan, non bank, pasar modal, kita siap koordinir untuk pengembangan ekonomi di masing-masing wilayah,” tandasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.