Menu

Mode Gelap

Dinamika · 29 Des 2021 17:45 WITA ·

Apresiasi Kerja Irjen Pol Mohammad Iqbal, KNPI NTB : Selamat Datang Irjen Pol Djoko Poerwanto di NTB


					Apresiasi Kerja Irjen Pol Mohammad Iqbal, KNPI NTB : Selamat Datang Irjen Pol Djoko Poerwanto di NTB Perbesar

FOTO. Mantan Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal (kiri) saat bersama Kapolda NTB yang baru, Irjen Pol Djoko Poerwanto. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) NTB Lalu Athari Fathullah menyampaikan apresiasi kepada dedikasi Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal yang dipindahtugaskan menjadi Kapolda Riau dan selamat datang kepada Kapolda baru NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto.

“Terima kasih Pak Iqbal, sumbangsih beliau untuk NTB sangat luar biasa. Selamat datang bagi Irjen Pol Djoko Poerwanto di Bumi Gora,” kata Lalu Athari Fathullah, Rabu (29/12).

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi perwira tinggi di jajaran anggota kepolisian.

Pergeseran jabatan atau mutasi itu tertuang dalam Surat telegram nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021 yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Dalam telegram itu Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal dirotasi menjadi Kapolda di Riau.

Untuk posisi Kapolda NTB akan digantikan oleh Irjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Athari menambahkan, torehan manis yang telah dibuat kapolda NTB sebelumnya, yakni Irjen Pol Mohammad Iqbal merupakan prestasi yang tidak bisa dilupakan. Menurut catatannya, ada beberapa capaian dari M Iqbal yang patut diberikan tepuk tangan oleh masyarakat NTB.

“Pak Iqbal sudah berbuat yang terbaik bagi NTB, tak hanya soal program, beliau juga nyaris tanpa sekat dengan masyarakat NTB, terutama para aktivis,” ungkap Athar.

Selama perhelatan event Idemitsu Asian Talent Cup pertanggal 19 November 2021, Iqbal menerjunkan sejumlah pengamanan yang super ketat.

Dibarengi dengan event World Superbike WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, sedikitnya 3.000 personel gabungan dari kepolisian diterjunkan mengamankan proses event IATC dan WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahudin Uno dan ITDC beri penghargaaan untuk Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, beserta stakeholder lainnya atas peran aktifnya menyelesaikan lahan di KEK Mandalika, sehingga pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit berjalan lancar.

Menparekraf Sandiaga Uno terkesan dengan leadership Kapolda NTB selesaikan masalah di KEK Mandalika, kemampuannya berkolaborasi dengan semua pihak membuat Sandiaga Uno memuji leadership Kapolda NTB.

Tak hanya itu, Iqbal juga menjadi pencetus utama dalam menekan angka Covid-19 di Provinsi NTB.

Sejak pandemi Covid-19 merebak di NTB, kebijakan sederhana diambil oleh Kapolda NTB. Dengan membuat lomba kampung sehat di setiap daerah menambah wawasan warga dalam menjalankan pola hidup bersih. Dengan menerapkan lima M. Menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menggunakan masker, dan menjauhi kerumunan di masing-masing desa.

Di mana, lanjut Athar, capaian vaksinasi di NTB juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Data per 17 Desember 2021, progress vaksinasi NTB untuk dosis 1 berada di urutan ke-6 nasional dengan capaian 75,69 persen. Sebaran capaian vaksinasi di 10 kabupaten/kota di NTB juga telah melampaui target dengan rerata di atas 60 persen bahkan ada yang telah mencapai 100 persen.

Di sisi humanisme, Iqbal mendirikan kantor untuk Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) NTB. Kantor seluas 63 meter persegi diresmikan pada Selasa, 1 Desember 2020.

“Sekarang (luas kantor) 7 x 9. Ya ada ruang untuk meeting, bersih lagi. Saya tidak begitu mengerti hatinya Pak Kapolda. Mengapa beliau tertarik dengan kami atau bagaimana. Asal muasalnya Bapak Kapolda datang ke tempat kita, DPD (Dewan Pengurus Daerah) kita minjam gedung Dinas Sosial. Singkat cerita kita tak memiliki gedung,” ungkap Ketua PPDI NTB, Barnas Asim.

Untuk itu, Atha berharap sepenuhnya dengan kehadiran kapolda baru NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto. Masyarakat NTB, harus bahu-membahu bersama Irjen Pol Djoko Poerwanto dalam membangun NTB, khusunya menyukseskan agenda terdekat yakni gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“Untuk Kapolda yang baru kita berharap ke depan karena ada MotoGp agar bisa lebih sukses dari WSBK,” ujar Athari.

Irjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri kini akan duduk di jabatan Kapolda NTB.

Sebelumnya, Irjen Pol Djoko Poerwanto pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Irjen Pol Djoko Poerwanto merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1989. Ia pertama kali bertugas di Polres Bekasi. Ia pernah menjabat Kapolsek Tambelang kemudian Wakasat Serse dan Kasat Serse Polres Bekasi sebelum bertugas di Bareskrim Polri.

Sebagai perwira yang konsen di bidang penindakan pidana korupsi, Djoko Poerwanto semestinya bisa membawa NTB bersih dari korupsi. Kasus yang pernah ditangani Djoko Poerwanto ialah pernah terlibat dalam jaring Operasi Tangkap Tangan Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat, Mei 2021 lalu. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 165 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jumlah Masjid di NTB Capai 9.996

15 Agustus 2022 - 21:09 WITA

Ingin Sang Dewi Bersih dan Cantik, Kru Bank Panin Dubai Syariah NTB Gotong Sampah

15 Agustus 2022 - 19:07 WITA

Ternyata Bunda Niken Fasih Nyanyikan Lagu Daerah

13 Agustus 2022 - 18:59 WITA

Ribuan Kader PKK Ikuti Jambore dan Kelilingi Kota Dompu

12 Agustus 2022 - 15:22 WITA

Lombok Barat Juara 1 Turnamen Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 19:31 WITA

Kandaskan KSB, Lobar Berhadapan dengan Kabupaten Bima pada Laga Bola Voli Pelajar Piala Gubernur NTB 2022

11 Agustus 2022 - 12:19 WITA

Trending di Dinamika