Berbagi Berita Merangkai Cerita

Antisipasi Virus Corona, DPRD Minta Pengawasan di Pelabuhan NTB Diperketat

0 6

MATARAM, DS – DPRD NTB meminta Pemprov NTB agar lebih ketat melakukan pengawasan pada proses deteksi di pintu-pintu masuk Wilayah NTB, baik di bandara maupun di pelabuhan laut.Hal ini disampaikan anggota Komisi II DPRD NTB Ir Made Slamet MM menjawab wartawan, Jumat (6/3).

Menurut politisi PDIP itu, saat ini sudah ada dua WNI yang dinyatakan positif virus corona. Karena itu, Pemerintah NTB harus lebih memperketat proses deteksi dini di pintu-pintu masuk Wilayah NTB khususnya, pengelola pintua masuk wilayah NTB, yakni PT. Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Pelindo II di Pelabuhan Lembar. Pun Pelabuhan Pemenang KLU yang melayani trayek dari Bali ke Tiga Gili (Gili Air, Trawangan dan Meno).

“Kita minta agar proses deteksinya yang harus benar-benar dilakukan. Jika proses deteksi tidak maksimal, maka akan menimbulkan masalah. Pokoknya, koordinasi lintas sektoral harus terus di intensifkan,” kata Made.

Dijelaskan, jika di Jakarta proses deteksinya jelas melalui informasi masyarakat dan didukung oleh peralatan yang memadai. “Namun, di NTB saya pribadi masih melihat kelengkapan peralatan deteksi awal terutama di Bandara yang sudah di berlakukan oleh PT AP I BIL. Tapi, belum kelihatan di pelabuhan laut keluar dan masuknya,” ujar Made.

Dikatakan, dirinya juga kurang paham terkait proses deteksinya, yakni apakah menunggu ada berita nama orang dan alamatnya yang terindikasi datang dari luar negeri atau diperiksa secara masal di pintu masuk dan keluar.

“Atau mungkin ada metoda lain. Semoga pemerintah punya cara lain untuk mendeteksi virus ini,” ungkapnya..

Dikatakan, pengawasan dinilai masih lemah khususnya di Pelabuhan Gili Mas di Lembar, Lombok Barat yang biasanya menjadi tempat sandar kapal pesiar yang akan masuk ke NTB.

“Kita harapkan, SOP penanganan virus corona untuk wisatawan yang bersandar menggunakan kapal pesiar di Pelabuhan Gili Mas juga serupa kayak penanganan kedatangan penumpang di BIL. Ini penting untuk kita ingatkan, karena masih banyak pertanyaan disini oleh masyarakat. Apalagi, kabarnya ada kapal pesiar yang bakal sandar ke Gili Mas dalam waktu dekat ini,” tandas Made Slamet. RUL.

Leave A Reply