Berbagi Berita Merangkai Cerita

Antisipasi Corona, Forum Anak Desa Dangyang Berpartisipasi Membuat Masker

0 23

KLU,DS-Anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Desa Dangyang, Kecamatan Kayangan, KLU, berpartisipasi membuat masker. Upaya pembuatan masker merupakan antisipasi terhadap mewabahnya virus corona menyusul adanya pasien PDP dan ODP di desa setempat.

Fasilitator Forum Anak Desa Dangyang, Indah, Rabu (22/4), mengemukakan pembuatan masker melibatkan anak-anak setempat terutama dalam menggunting sesuai ukuran. “Ada sebanyak 6 anak yang terlibat melakukan pengguntingan untuk ukuran masker,” katanya seraya menyebut terdapat25 anak yang tergabung dalam forum itu.

Sedangkan untuk menjahit diberikan kepada tukang jahit setempat dengan ongkos yang dibebankan kepada pemerintahan desa. Terkait pengadaan kain, kata Indah, merupakan sumbangan dari donatur. “Untuk tahap awal masih dibuat 100 lembar dulu. Ini sebagai uji coba saja, nantinya bisa lebih banyak lagi,” terangnya.

Diharapkan, penyebaran masker untuk warga desa setempat melibatkan relawan dari forum anak. Partisipasi ini tidak lepas dari keinginan untuk terlibat langsung dalam pencegahan Covid 19 di desa setempat. Hal ini juga untuk menggugah jiwa kerelawanan.

Sekretaris LPA NTB, Sukran Hasan,mengemukakan setidaknya satu desa yang memiliki forum anak bisa membuat sebanyak 1000 masker yang bisa dibagikan secara gratis kepada warga. Jika 10 desa yang menjadi lokasi binaan di KLU itu melakukan tindakan serupa maka diharapkan 10 ribu masker bisa dibagi kepada masyarakat. “Peran inilah yang bisa dilakukan forum anak sebagai bentuk partisipasi dalam masa kewaspadaan Covid 19,” ujarnya.

Ia menekankan pembuatan masker lebih berguna ketimbang membeli yang sudah jadi untuk menggugah partisipasi dan mengasah keterampilan di kalangan anak-anak remaja. “Insyaallah kita akan berusaha mencarikan donatur untuk pembelian kain,” kata Sukran. Diperkirakan, 1.000 masker bisa diperoleh dengan membeli tidak sampai 100 meter kain.

Sementara itu, hasil komunikasi dengan Yayasan Plan Internasional menyebutkan pihak Plan International mendukung gerakan pembuatan masker dari forum anak di KLU. Kata Sukran, Plan Internasional akan berusaha memenuhi kebutuhan kain guna pembuatan sebanyak 10.000 masker di 10 desa binaan LPA NTB dalam program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) tersebut. ian

Leave A Reply