BSK Samawa

Angka Kemiskinan NTB Turun, Kepala Bappeda Ingatkan Gerakan Multi Pihak Jangan Dikendorkan

FOTO. Kepala Bappeda NTB H. Iswandi saat memberikan keterangan pada wartawan usai memimpin rapat terkait penurunan angka kemiskinan NTB. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Kepala Bappeda NTB, H. Iswandi, mengatakan turunnya angka kemiskinan di NTB sesuai rilis BPS pada 16 Januari 2022 lalu, mencapai 735.300 orang atau setara dengan 13,83 persen dari total jumlah penduduk pada September 2021. Hal ini bila dibandingkan kondisi Maret 2021 mencapai 746.660 orang atau turun sekitar 14,14 persen.

Raihan itu menempatkan penurunan persentase jumlah penduduk miskin sepanjang Maret hingga September sebesar 0,31 persen, dipastikan merupakan hasil kerja semua pihak dan lintas sektoral.

“Tentunya, melalui Gerakan Multi Pihak yang kita kampanyekan dengan melibatkan seluruh stakeholder, mulai dari perangkat daerah, Pengusaha, akademisi, Fhilantrophis, Pondok Pesantren, dan lain sebagainya, telah menunjukkan hasinya sejauh ini,” ujar Iswandi pada wartawan usai memimpin rapat dengan jajaran Bappeda setempat, Kamis (20/1).

Menurut dia, digagasnya gerakan tersebut tidak lain, agar semua pihak dapat berkontribusi pada terkoreksinya angka kemiskinan di provinsi NTB.

“Maka, saya berharap agar gerakan ini terus dipertahankan. Bila perlu lebih di masifkan lagi. Harapannya, angka kemiskinan dapat terus diturunkan kedepannya,” kata Iswandi.

Sementara itu, Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda NTB, Iskandar Zulkarnain, mengatakan, dengan menurunnya angka kemiskinan saat ini, hal tersebut harus menjadi pelecut semangat dalam melakukan rapat koordinasi kemiskinan yang akan melibatkan semua kabupaten /kota dan stake holder penanggulangan kemiskinan dalam waktu dekat ini

Ia menegaskan, turunnya angka kemiskinan kali ini, merupakan kado awal tahun bagi Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah NTB (TKPKD-NTB).

“Dan ini, jadi bukti bahwa program penanggulangan kemiskinan sudah on the track,” tandas Iskandar Zulkarnain. RUL.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.