Berbagi Berita Merangkai Cerita

Anggota DPRD Lotim Bantu dan Awasi Pelaksanaan Pencegahan Corona

0 18

SELONG,DS- Ditemui usai menggelar rapat antar Pimpinan Rabu (01/04/2020), Ketua DPRD Lombok Timur, Murnan, mengatakan telah meminta anggota DPRD Lotim untuk melakukan pengawasan sekaligus membantu kinerja Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19.

“Kami meminta anggota untuk ikut mengawasi, sekaligus membantu Gugus Tugas di Kecamatan. Mungkin juga di desa,” ucapnya. Terlebih, gelombang kepulangan masyarakat Lombok Timur dari luar Daerah maupun luar negeri terus berlangsung.

“Fokus kita bagaimana pendatang yang pulang dari luar daerah ini yang perlu kita tangani,” ujarnya.

Terkait penggunaan anggaran, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) memiliki tupoksi masing-masing dalam pengawasan. Agar pelaksanaannya tidak melenceng dari aturan yang ada.

DPRD Lotim juga memastikan skala prioritas anggaran menjadi pertimbangan dalam merealokasikan anggaran untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di Lombok Timur.

“Kan sudah ada payung hukum juga. Kita pastikan juga anggaran yang diambil itu bukan anggaran prioritas. Tapi, bagaimana anggaran yang non prioritas ini yang di realokasikan untuk percepatan pencegahan Covid ini,” katanya.

Adapun besaran anggaran yang telah di realokasikan, dan telah mendapat persetujuan DPRD sebesar Rp. 55 milyar. Namun, DPRD belum mengetahui rincian anggaran yang telah terpakai. Dikarenakan masih menunggu masa evaluasi yang dilakukan satu kali dalam tiga wulan.

“Kita belum tahu berapa anggaran yang sudah dipakai sebelumnya. Karena kita juga belum melakukan evaluasi. Biasa kami melakukan evaluasi sekali per triwulan,” pungkasnya.

Dana Pokir, dan anggaran perjalanan dinas DPRD dan OPD, menjadi bagian yang di realokasikan untuk pencegahan dan penanganan Covid.

“Karena kita lihat ini penting (pencegahan Covid,red). Selama ini masih bisa kita lakukan dengan anggaran itu, saya kira kita akan fokus tentang itu,” papar pria yang juga menjabat Ketua DPD PKS Lotim ini.

Selain realokasi anggaran, anggota DPRD Lotim juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak dari kebijakan pencegahan Covid-19 ini. Namun disebutkan oleh Murnan, hal itu merupakan kebijakan masing-masing partai. Sehingga besaran sumbangan juga ditetapkan melalui kebijakan partai masing-masing.

“Kami juga PKS melakukan itu sekarang. Menyiapkan bantuan kita dorong juga. Dan kami dipotong masing-masing Rp 5 juta,” tuturnya.dd

Leave A Reply