Berbagi Berita Merangkai Cerita

Amankan Pilkada 2020, TNI Siap Bantu Polri

0 9

MATARAM, DS – Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, mengatakan, pihaknya akan menyiapkan personel dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk perbantuan kepada Polri dalam pengamanan Pilkada 2020. Hal itu untuk menjaga potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada 2020 di tujuh kabupaten/kota di NTB.

“Pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota di NTB. Polanya sama dengan pengamanan Pilpres, Pileg maupun Pilgub lalu,” ujar Danrem menjawab wartawan, Jumat (3/1) kemarin.

Danrem mengaku, potensi kerawanan dalam pilkada terdapat pada aspek penyelenggaraan, aspek kontestasi dan aspek partisipasi. Perbantuan kepada Polri tersebut sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku.

Menurut Rizal, pengamanan dimulai dari tingkat paling bawah Babinsa, Koramil hingga Korem dengan memaksimalkan pengerahan personel baik secara terbuka maupun tertutup.

“Insya Allah, kami bersiap memback up Polri,” kata Alumnus Akmil 1993.

Tahapan pilkada serentak dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2019 hingga 23 September 2020. Sebagaimana yang dilaksanakan pada pengamanan pilkada serentak yang lalu, TNI tentunya akan dilibatkan sesuai dengan tahapan pilkada.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, pelaksanaan Pilkada Serentak di tujuh kabupaten/kota pada tahun 2020 telah beberapa kali dilakukan rapat koordinasi. Hal ini untuk menjaga keamanan dan komitmen untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada tersebut dengan memetakan kerawanan-kerwanan yang akan terjadi.

“Namun kami sudah melakukan langkah-langkah pendekatan dan bimbingan kepada masyarakat sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan lebih aman dari Pilpres,” tandasnya. RUL.

Leave A Reply