Berbagi Berita Merangkai Cerita

Ali Sakti Mendaftar, Duhai Ramainya Para Pengantar

0 13

MATARAM,DS-Diiringi tetabuhan gendang beleq, ribuan relawan Ali-Sakti bersama ratusan Tuan Guru berjalan kaki mengantar kandidatnya ke KPU NTB, Senin (8/1), untuk mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur NTB dari jalur independen. Para relawan menggunakan ikat kepala berwarna putih bertuliskan Ali-Sakti.

Ali Sakti didampingi para tuan guru saat mendaftar

KPU NTB memang telah membuka pendaftaran untuk calon gubernur dan wakil gubernur selama tiga hari dari tanggal 8 sampai tanggal 10 Januari 2018. Sejak pagi, aparat keamanan sudah menjaga seputaran Kantor KPU NTB, sedangkan pasangan calon itu sudah berjalan kaki sekira pk.10.00 wita dari Karang Baru melewati jalur Udayana Mataram.

Kehadiran Ali-Sakti yang mengenakan baju batik sempat memacetkan jalan karena panjangnya para pengantar yang berasal dari Kota Mataram, Lombok Tengah maupun Lombok Timur. Namun demikian, keberagaman pendukung nampak dari atribut yang mereka gunakan, termasuk dari Sumbawa yang turut membawa spanduk. Sedangkan masyarakat komunitas Bali pun turut serta mengiringi pendaftaran itu. Nampak ratusan Tuan Guru dari berbagai pondok pesantren mengiringi langkah Ali Sakti.

Jalan kaki dari Karang Baru menuju KPU

Mendaftar di hari pertama merupakan pengulangan waktu penyerahan berkas pencalonan pasangan bakal calon melalui jalur independen akhir November lalu, di mana pasangan Ali Sakti juga memilih hari pertama untuk menyerahkan berkas pencalonan.

Karena mendaftar melalui jalur perseorangan, pasangan Ali Sakti cukup menyerahkan Form BA. 8-KWK yang sudah diberikan KPU NTB pasca dilakukannya rekapitulasi hasil verifikasi faktual atas berkas pencalonan berupa salinan KTP dukungan. Berbeda dengan pasangan yang diusung partai politik yang harus menyerahkan Surat Keputusan dukungan partai politik.

Siapkan KTP Pengganti

Satu-satunya pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTB yang maju melalui jalur perseorangan, HM. Ali Bin Dachlan dan TGH. L. Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni (Ali Sakti) telah melewati tahapan penting verifikasi faktual atas salinan KTP dukungan yang telah diserahkan ke KPU NTB.

Pada Selasa (2/1), KPU NTB telah menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan di Mataram. Setelah melalui proses verifikasi faktual, syarat dukungan calon perseorangan dalam hal ini adalah paslon Ali Sakti, berupa salinan KTP yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 252.818 KTP.

Dengan perolehan tersebut, paslon Ali Sakti belum sepenuhnya dinyatakan lolos sebagai calon gubernur dan wakil gubernur NTB, karena perolehan salinan KTP yang dinyatakan memenuhi syarat belum mencapai batas minimal sebanyak 303.331 KTP. Sehingga, KPU NTB memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dengan menambah salinan KTP dukungan.

Berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Peraturan KPU, jumlah kekurangan salinan KTP dukungan harus dilipatgadakan. Sehingga, kekurangan salinan KTP sebanyak 50.513 harus dikalikan dua menjadi 101.026 salinan KTP. Angka 101.026 KTP inilah yang setidaknya harus diserahkan ke KPU untuk kemudian dilakukan penelitian kembali.

Meskipun belum mencukupi batas minimal persyaratan salinan KTP dukungan untuk calon perseorangan, Ali Sakti diperkenankan mendaftarkan diri sebagai pasangan yang siap berkompetisi dalam pilkada NTB 27 Juni mendatang.

Sebagai tiket untuk mendaftar, paslon Ali Sakti cukup menyerahkan form BA.8-KWK yang telah diterima dari KPU NTB usai dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual. Walaupun belum sepenuhnya menjamin diloloskannya pasangan independen ini, sebelum dilakukannya perbaikan dengan menambah kekurangan salinan KTP dukungan, bagi Tim Sukses dan relawan pasangan Ali Sakti, hasil rekapitulasi yang dilaksanakan KPU NTB ini dianggap hal yang menggembirakan. Karena diyakini, pasangan yang diusungnya akan mampu melenggang dengan mulus menuju kursi NTB1.

Persoalan kekurangan KTP dukungan tak terlalu membebani para relawan dalam memperjuangkan kandidat yang diusungnya. “Sebab, persiapan persyaratan berupa salinan KTP dukungan beserta surat pernyataan dukungan sudah disiapkan dengan baik dan akan mampu melampaui batas minimal yang sudah ditetapkan KPU,” kata Ketua Tim Relawan Ali Sakti, Basri Mulyani di Mataram.

Sejumlah kelompok relawan, seperti Relawan Ali BD, Relawan Ali Sakti, Semeton Ali BD, RAMBAS, Srikandi Ali BD, Relawan Anak Amaq Asrul, Sahabat Ali BD dan juga jama’ah NW telah berjibaku mengumpulkan syarat dukungan yang dibutuhkan pasangan independen yang mereka yakini.

Menurut Basri Mulyani, sudah disiapkan KTP dukungan terbaru mencapai 200 ribu. Namun, berapa yang akan dikirim nanti ke KPU NTB, masih tengah dibicarakan. Kis,ian

Leave A Reply