Aktivis Lingkungan dan TNI Polri Angkut Puluhan Ton Sampah Dari Pantai Labuhan Haji

Aksi bersih-bersih di Labuhan Haji

Selong,DS – Aktivis peduli lingkungan Pandawa Group dan TNI Polri melakukan aksi bersih bersih sampah di Kawasan Pantai Labuhan Haji Lombok Timur, Minggu (18/02/2024).

Aksi bersih bersih yang diinisiasi Pandawara Group ini mendapat perhatian dari berbagai elemen. Ribuan warga terlibat termasuk TNI Polri turun membersihkan sampah yang menumpuk dan berserakan di kawasan Pantai Labuhan Haji. Hasilnya, puluhan ton sampah berhasil dianggkut ke TPA Ijobalit menggunakan 10 dum truk pengangkut sampah milik DLHK Lombok Timur.

“Teman-teman Pandawara saja datang jauh-jauh dari Jawa Barat hanya untuk membersihkan sampah di Pantai Labuhan Haji, masa kita yang dekat dar pantai tidak mau peduli. Kan malu,” ucap Dandim 1615 Lombok Timur Lekkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro yang ikut terlibat langsung dalam aksi ini.

Kata Sigit, Pantai Labuhan Haji merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata pantai di Lombok Timur yang selalu ramai dikunjungi masyarakat, sejak pagi hingga sore. Karena itu, kebersihan pantai ini harus tetap dijaga.

“Objek wisata Pantai Labuhan Haji ini sangat indah dan menawan, namun apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik maka akan hilang keindahannya, apalagi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan gambar maupun video,”imbuhnya.

Pantai Labuhan Haji sendiri merupakan pantai kelima yang dikunjungi oleh Pandawara Group dalam kurun waktu 3 tahun belakangan dan akan terus berlanjut di daerah-daerah lain di Indonesia.

Salah seorang anggota Pandawara Group, Gilang Rahma, mengucapkan terimakasihnya atas dukungan dari pemerintah daerah hingga masyarakat setempat yang begitu antusias mengikuti agenda bersih pantai itu.

“Untuk kegiatan hari ini sangat luar biasa dan kita patut apresiasi untuk seluruh volunter yang hadir untuk Porkopimda, Polri juga TNI, kita sangat speechless banget dengan antusiasme masyarakat, luar biasa semangat mereka,” ucap Gilang.

Dia memberikan penekanan bagi masyarakat dan Pemda setempat untuk terus konsisten menjaga lingkungan dengan menggencarkan kolaborasi antar elemen.

“Jadi kita kasih pesan tidak hanya untuk pemerintah semata tapi untuk seluruh masyarakat, dan pada intinya seluruh kalangan masyarakat cakupannya pemerintah dan masyarakatan yang lain agar bisa lebih bersinergi dan bisa lebih berkolaborasi saling menjaga lingkungan,” katanya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.