Aksi Bersih Negeri di Pantai Kuta

Lombok Tengah, DS- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Polsek Kawasan Mandalika melaksanakan Aksi Bersih Negeri (clean up) yang diselenggarakan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi NTB bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Pantai Kuta Kecamatan Pujut, Sabtu (9/3).

Kegiatan aksi bersih negeri (clean up) dihadiri lagsung oleh Wakil Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan Alue Dohong, SE., MSc.,PhD dan melibatkan berbagai unsur, baik dari unsur Pemerintah Provinsi NTB ,Pemerintah Kabupaten Loteng , TNI-Polri serta para tokoh dan masyarakat yang ada di Kecamatan pujut.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Iwan Hidayat SIK, melalui Kapolsek Kawasan Mandalika AKP Rahel Elsi Mbuik, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk wujud kepedulian kita semua terhadap lingkungan, terutama sampah baik organik maupun non organik.

Rahel menyampaikan kegiatan aksi bersih negeri difokuskan kepada penanganan sampah plastik, karena jenis sampah itu yang paling menjadi masalah di zaman sekarang ini. Selain itu, sampah plastik jumlahnya sangat banyak serta sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sampah -sampah plastik tersebut dapat mencemari laut dan mengancam ekosistem kehidupan biota laut,” kata Rahel.

Rahel menjelaskan bahwa sampah plastik itu sangat sulit terurai secara alami. Beberapa sampah plastik memerlukan puluhan tahun, namun ada beberapa jenis plastik yang memerlukan waktu hingga ribuan tahun untuk bisa terurai secara alami.

“Ini juga sebagai contoh agar masyarakat kita lebih taat dan tidak membuang sampah sembarangan diwilayah pantai guna menjaga kebersihan dan keindahan pesisir pantai yang ada di kawasan kuta mandalika,” terang Rahel.

Rahel berharap agar masyarakat dan kita semua akan lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan terutama dari sampah plastik.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.