Menu

Mode Gelap

Politik · 4 Mar 2018 05:39 WITA ·

Ahyar Janji  Kesejahteraan  untuk Nelayan


					TGH. Ahyar Abduh (kanan) saat mendengarkan keluhan nelayan Pulau Lombok dalam silaturahminya di Pantai Gading, Kota Mataram Perbesar

TGH. Ahyar Abduh (kanan) saat mendengarkan keluhan nelayan Pulau Lombok dalam silaturahminya di Pantai Gading, Kota Mataram

MATARAM, DS – Calon Gubernur (Cagub) Nusa Tenggara Barat nomor urut dua TGH. Ahyar Abduh menjanjikan kesejahteraan bagi nelayan saat bersilaturahmi dengan pasangan Mori Hanafi M.Comm di Pantai Gading Kota Mataram, Kamis (1/3).

Ketua Gerakan Kebangkitan Petani (Gerbang Tani) NTB Viken Madrid Arifin menyatakan, banyak persoalan-persoalan yang dihadapi nelayan selama ini, tetapi pemerintah masih belum bisa memberikan solusi yang membela masyarakat. Untuk itu, dirinya meminta supaya Ahyar Abduh mampu memberikan solusi terbaik untuk kehidupan nelayan.

Meski banyak masalah, Viken mengaku untuk saat ini sedikit bahagia, karena harga ikan mengalami kenaikan. Faktor itu yang membuat para nelayan menjadi bersemangat untuk bekerja. “Kami masih bisa tersenyum, karena harga ikan masih tinggi,” ujarnya, kemarin.

Ashari, nelayan dari Lombok Tengah menambahkan, persoalan yang muncul di masyarakat nelayan bukan hanya gesekan di tengah laut. Pendidikan menjadi masalah tersendiri, untuk itu ia meminta supaya Ahyar Abduh menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Hal ini penting agar anak-anak nelayan juga bisa menikmati pendidikan yang layak. “Kalau bisa SD sampai sekolah menengah pendidikan gratis. Biar kami (nelayan) tidak berfikir lagi persoalan biaya pendidikan. Selama ini kita juga memikirkan itu,” ungkap bapak dua anak itu.

Ungkapan masalah juga diperlihatkan Fitriawati. Menurut dia, sebagai istri nelayan banyak masalah yang dihadapi. Namun, secara pribadi ia menginginkan bisa membantu perekonomian suami. Hal tersebut masih belum bisa dilakukan, karena perempuan nelayan selama ini tidak pernah tersentuh kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang membelanya.

“Kami ingin ada pemberdayaan ibu-ibu nelayan, khususnya di wilayah Lombok Tengah. Kami ingin membantu suami yang bekerja di tengah laut,” ucapnya.

Menanggapi masalah-masalah yang muncul, TGH. Ahyar Abduh akan mengakomodir semua yang diungkapkan nelayan. Menurut dia, dari hasil diskusi yang dilakukan, pihaknya akan membuat rumusan supaya bisa menjadikan nelayan menjadi lebih sejahtera.

Pertemuan ini, lanjut dia menjadi masukan yang sangat berarti, dan tentunya akan menjadi kebijakan kedepan jika terpilih menjadi Gubernur NTB.

“Saya sangat mengapresiasi keluhan-keluhan nelayan. Ini akan menjadi pekerjaan kami, Insya Allah, NTB yang memiliki potensi laut yang sangat luas, akan bisa kita optimalkan sebagi bagian darimemberikan solusi terbaik bagi nelayan kita,” kata Ahyar.

Pemerintah, ungkap Ahyar, sebisa mungkin akan meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan, khususnya kaum perempuan. Untuk itu, nanti akan ada koperasi perempuan yang bisa melibatkan ibu nelayan di dalamnya. Koperasi ini akan mengucurkan dana supaya ibu-ibu nelayan bisa memanfaatkan kemungkinan yang bisa diproduksi di daerah-daerahnya.

“Yang jelas, sumbangsih penurunan angka kemiskinan dan kenaikan angka IPM NTB akan bisa kita wujudkan, manakala sektor kelautan, khususnya nelayan kita garap dengan serius. Disinilah, saya dan Pak Mori berkomitmen menjadikan sektor kelautan sebagai perioritas utama dalam mewujudkan keadilan pembangunan NTB kedepannya,” tegasnya.

Terkait konsep kesejahteraan nelayan NTB. Ahyar menambahkan, perlu ada kebijakan khusus yang dapat mengakomodir kebutuhan para nelayan diantaranya disisi regulasi hingga pendanaanya.

“Jika butuh bantuan modal, misalnya, kita akan siapkan secara khusus sarana dan prasarananya. Termasuk, bagaimana kita bantu carikan solusi pemasarannya, yakni mendekatkan nelayan dengan para pengusahanya,” ujar Ahyar seraya menambahkan program untuk perbaikan kehidupan istri nelayan dan pendidikan anak nelayan juga akan fokus menjadi perhatian Ahyar-Mori.fahrul

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jelang Pilkada Serentak 2024, M16 Prediksi Golkar, Gerindra dan PDIP NTB Sulit berpisah Jalan

21 Mei 2022 - 16:59 WITA

PPP NTB Siap Jadi Pemenang Pileg 2024

18 Mei 2022 - 17:49 WITA

Soal Pelayanan Mudik 2022, Puan Maharani Apresiasi Kerja Pemerintah dan TNI-Polri

17 Mei 2022 - 17:11 WITA

Isu Caleg Impor, Mik Sudi : Masyarakat Sudah Cerdas Pilih Wakil Terbukti Kerjanya

17 Mei 2022 - 07:03 WITA

Puan: Waisak Momentum Refleksikan Pentingnya Saling Membantu dan Menjaga Kerukunan

16 Mei 2022 - 17:47 WITA

Penuhi Kriteria Pemimpin, Masinton : Mbak Puan Ditempa Sejarah dan Waktu Sejak Remaja

16 Mei 2022 - 17:44 WITA

Trending di Politik