Berbagi Berita Merangkai Cerita

Ada Calo Bantuan Warga Sakit “Bersarang” di BAZNAS Lotim

47

Abdul Hayi Zakaria

SELONG, DS – Direktur Pelaksana Baznas Lombok Timur, Abdul Hayi Zakaria, menyebut ada oknum yang menjadi calo atau memobilisasi bantuan untuk warga sakit.

“Masih kita temukan mobilisasi dari oknum. Ada yang ditemukan,” tegasnya.

Karenanya, Hayi menyarankan agar masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan emergency tidak menggunakan jasa pihak ketiga. Keluarga pasien sebaiknya langsung mendatangi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing kecamatan, atau langsung ke kantor Baznas Lotim.

Penyaluran bantuan emergency ini telah diterapkan dengan menetapkan skala prioritas berdasarkan penyakit dan fasilitas kesehatan yang merawat.

“Kita prioritas memang yang RSUD, RSUP, dan kita menilainya berdasarkan standar rumah sakitnya,” kata dia.

Namun dari sekian banyak pengajuan yang masuk, masih didominasi oleh warga sakit yang dirawat di rumah. Inilah yang dinilai rentan dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk dimobilisasi. Sehingga diperlukan ada verifikasi fakta langsung ke lapangan.

“Kalau yang sakit di rumah, diminta untuk diverifikasi. Ini juga prioritas terakhir, tapi itu usulannya paling banyak,” terangnya.

Pendistribusian bantuan emergency bagi warga sakit juga telah terjadwalkan dua kali dalam seminggu. Yaitu pada hari Senin dan Kamis.

“Kalau masuk senin, kamis bisa diambil,” ucapnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.