Berbagi Berita Merangkai Cerita

9.709 Orang Pecahkan Rekor MURI Tandatangan Petisi Anti Hoak SBY Sebut Indonesia Negara Bukan Hoak

0 8

MATARAM, DS – Sebanyak 9.709 orang menandatangani petisi anti berita hoak atau bohong dan fitnah yang digagas DPP Partai Demokrat di Jalan Udayana, Kota Mataram, NTB pada Minggu (7/5). Penandatanganan itu dinilai paling banyak mengalahkan rekor petisi melawan hoax sebelumnya yang berlangsung di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang hanya mencapai 3.000 orang.

Sehingga, museum rekor dunia Indonesia (MURI) mencatatnya sebagai sebuah rekor baru. “Mewakili DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Demokrat, khususnya seluruh masyarakat NTB di Mataram. Rekor MURI ini kami persembahkan bagi masyarakat NTB terutama, bagi gubernur kesayangan kita, yakni TGB Zainul Majdi,” ungkap Sekjen DPP Demokrat Hinca Pandjaitan usai menerima piagam rekor MURI.

Tampak hadir, Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istri Ani Yudhoyono, putra sulung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta para elite Demokrat dan Gubenur NTB yang juga Ketua DPD Demokrat NTB.

“Baru saja saya tandatangan beserta ribuan pecinta demokrasi. Yakni, petisi stop hoax dan fitnah,” kata SBY dalam sambutannya.
Menurut Presiden RI keenam tersebut, Indonesia merupakan negara kebenaran, keadilan, etika dan hukum. “Bukan negara kebohongan, bukan negara fitnah, bukan negara hoax. Rakyat harus memerangi hoax ini,” tegas SBY.

SBY mengajak pers harus adil dan bertanggung jawab dalam memberikan informasi kepada masayarakat. Ia mengaku, telah menjadi korban pemberitaan yang sering dipelintir. Sehingga, SBY lebih sering menggunakan media sosial. Yakni, Twitter sebagai ajang untuk mencurahkan keluhannya terkait kondisi bangsa ini.

“Tapi terasa aneh bagi saya, disaat kita mencurahkan isi hati dan pikiran saya lewat Twitter, malah saya di bully. Padahal, penggunaan Twitter adalah bagian dari sebuah demokrasi,” ujar SBY.
Ia mengkhawatirkan, jika semua warga negara dilarang menggunakan fasilitas sosmed, maka jelas demokrasi di negara ini akan hancur. “Saya pribadi mendukung Presiden Jokowi memberantas hoak itu sepanjang dilakukan secara adil,” tandas SBY. fahrul

Leave A Reply