Berbagi Berita Merangkai Cerita

56 Anak NTB Terdampak Covied-19 Terima Bantuan Dana dari Kemensos

17

MATARAM, DS – Sebanyak 56 orang anak NTB yang terdampak Covied-19 menerima bantuan sosial kedaruratan untuk anak dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI.

Bantuan dari Pemerintah Pusat bagi 56 anak itu menyasar anak terpapar Covid-19. Masing-masing, sebanyak  8 anak di Lombok Barat, 16 anak di Lombok Timur. Serta, 15 anak di Lombok Utara.

“Bantuan anak terdampak Covid-19 dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI juga menyasar sebanyak 17 anak yang terpapar virus Corona di Kabupaten Dompu,” ujar Kepala Dinas Sosial NTB H. Ahsanul Khalik dalam siaran tertulisnya, Minggu (31/5).

Mantan Kalak BPBD itu mengungkapkan, bantuan sosial kedaruratan anak ini merupakan bantuan tahap pertama khusus mereka yang terdampak Covied-19.

Menurut Ahsanul, anak-anak NTB yang memperoleh bantuan kali ini, sesuai dengan data yang telah di verifikasi dan validasi oleh Satuan Bhakti Pekerja Sosial Anak Dinas Sosial Provinsi NTB.

“Adapun kriteria anak yang menjadi penerima bantuan adalah anak-anak yang terkonfirmasi positif atau anak-abak yang orang tuanya dalam kondisi isolasi sebagai pasien  dalam pemantauan atau orang yang terkonfirmasi positif serta berasal dari keluarga tidak mampu,” jelas dia.

Ahsanul mengatakan, masing-masing anak akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000. Nantinya, dana tersebut akan dipergunakan untuk membeli barang-barang lebutuhan anak termasuk kebutuhan alat bermain jika memang diperlukan.

“Dana bantuan sosial kedaruratan untuk anak tersebut saat ini sudah masuk dalam rekening atas nama anak-anak penerima dan Pendmaping atau Pekerja Sosial masing-masing anak,” kata dia.

Ahsanul menuturkan, bagi anak-anak NTB lainnya yang juga terdampak covied-19 akan diusulkan pada bantuan tahap II.

“Tapi, setelah proses verifikasi dan validasi untuk selanjutnya data nama anak-anak yang berhak menerima sesuai kriteria akan di kirim ke Kementerian Sosial RI,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.