BSK Samawa

Puluhan Rumah di Lombok Timur Terendam Banjir

Selong ,DS-Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Lombok Timur Senin (12/2/23) sejak pagi hingga menjelang siang, menyebabkan banjir di Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringabaya, Lombok Timur. Akibatnya, puluhan rumah terendam air setinggi sekitar 70-80 cm.

Kepala BPBD Lotim, Lalu Mulyadi, mengatakan banjir bandang disebabkan limpasan air yang turun dari wilayah Gunung Malang dan lereng Gunung Rinjani sekitar pukul 10.00 wita. Tingginya debit air tersebut menyebabkan Sungai di desa setempat meluap dan meluber ke pemukiman warga. Luapan air sungai kemudian merendam rumah warga hingga ketinggian 70-80 cm.

“17.45 tadi sebagian sudah surut, tetapi beberapa rumah masih tergenang, itu sebabkan karena tidak ada saluran untuk pembuangan,”ujarnya.

Mulyadi mengatakan total jumlah wilayah yang terdampak banjir sebanyak 4 dusun dengan sebanyak 400 kepala keluarga. Dari jumlah itu puluhan rumah terendam cukup parah.

“Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian materi cukup besar karena merendam barang-barang berharga milik warga,” ucapnya.

Pihaknya telah berupaya melakukan penanganan, puluhan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD turun melakukan evakuasi warga dan menangani banjir agar cepat tertangani.

“Untuk solusi jangka panjang, kita sedang mencari cara, kemungkinan akan melakukan normalisasi dan membuat saluran pengelak,” imbuhnya.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.