Soal Penolakan Proyek SPAM Pantai Selatan, Ini Tanggapan Pj Bupati Lombok Timur

HM Juaini Takfik

Selong, DS- Penolakan sejumlah warga Desa Lendang Nangka Utara, Kecamatan Masbagik, Lotim, sebagai pemanfaat sumber Kokoq Tibu Krodet, tidak membuat langkah Pemerintah Daerah Lombok Timur surut untuk menuntaskan proyek SPAM Pantai Selatan.

Pemda memastikan proyek itu tidak akan merugikan masyarakat dan tidak akan merugikan air irigasi pertanian.

Penjabat Bupati Lotim HM. Juaini Taofik menegaskan, aksi penolakan sejumlah warga saat digelar pertemuan di Kantor Desa Lendang Nangka Utara, Kecamatan Masbagik merupakan bagian dari aspirasi. Kendati demikian, Pemda Lotim tidak akan membuka konfrontasi dengan masyarakat yang notabene adalah bagian masyarakat Lombok Timur.

Hanya saja kata dia, isu yang berkembang ditengah masyarakat bahwa air Kokoq Tibu Krodet akan dibendung merupakan informasi yang tidak benar dan keliru. Pipa 10 inci yang diletakkan di lokasi Tibu Krodet akan menampung limpahan air.

Sejatinya kata Juaini Taofik, air yang dimanfaatkan untuk SPAM Selatan merupakan air limpahan yang disalurkan melalui Instalasi Pengelolaan Air (IPA) untuk diolah pada induk reservoir yang terletak di Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur.

“Air yang diambil ini tidak menganggu sistem irigasi petani. Sumber air untuk SPAM Selatan merupakan air limpahan yang mengalir ke laut. Jadi, bukan air yang diambil untuk saluran irigasi petani,” terang Juaini Taofik kepada wartawan, Selasa (04/12).

Dijelaskan, pengambilan debit air sudah mendapatkan Surat Izin Pemanfaatan Air (SIPA) dari Kementerian PUPR Bidang Balai Wilayah Sungai (BWS) NT 1 Kementerian Nusa Tenggara Barat. SIPA tersebut dikeluarkan karena dianggap layak untuk SPAM Selatan. Dimana dalam pengambilan air mencapai 50 liter per detik dari jumlah debit mencapai 300 liter per detik.

Apalagi pada musim penghujan seperti ini tambah dia, justru air di Tibu Krodet bisa mencapai ribuan liter per detik sehingga dinyatakan layak untuk dijadikan sumber pengambilan air SPAM Selatan.

“Kami akan berusaha untuk mensosialisasikan kepada warga intake air Tibu Krodet ini tidak merugikan masyarakat apalagi sampai membendung arus Kokoq Tibu Krodet seperti informasi yang dihembuskan pihak-pihak terkait selama ini,” terangnya.

Dia juga berharap kepada masyarakat agar air yang menjadi sumber SPAM Selatan ini diniatkan menjadi amal ibadah bagi masyarakat Lotim yang sangat membutuhkan air bersih, terutama di wilayah selatan. Seperti di Jerowaru, Keruak, Sakra, Sikur dan beberapa wilayah lainnya.

“Mari kita niatkan air bersih ini untuk saudara-saudara kita di bagian selatan.,” tutupnya. Li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.