50 Desa di Lombok Timur Diminta Segera Tuntaskan Laporan APBDes

SELONG, DS-Sebanyak 50 desa di Lombok Timur tak bisa mencairkan dana desa tahap pertama di tahun 2024.Kondisi itu disebabkan, dari 239 desa di Lotim sebanyak 50 desa belum menyerahkan dan melaporkan APBDes tahun 2024.

Karena itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lotim meminta ke 50 desa tersebut segera menuntaskan APBDes. Laporan APBDes menjadi salah satu syarat utama untuk pencairan dana desa termasuk alokasi dana desa. Terlebih lagi proses pencairan dana tersebut harus di upload melalui sistem omspa.

” Ini kebiasaan lama yang berulang kali selalu terjadi. Dikira bisa menyusul laporannya secara manual ” kata Kadis PMD Lotim Salmun Rahman.

Pencairan anggaran desa, jelasnya, berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. Sekarang proses pencairan semua menggunakan sistem online. Keterlambatan pelaporan APBDes, imbuh dia, menyebabkan rekening 50 desa itu untuk sementara masih diblokir.

“50 desa itu harus tunjukkan dulu kelengkapan dokumennya nanti kita sampaikan ke Bank NTB Syariah.Syarat utama untuk pencarian dana desa itu harus menguploud dulu laporan APBDes. Kalau pemerintah desa itu benar – benar memperhatikan masyarakat nya maka tidak mungkin akan mengabaikan hal seperti ini,” ujar dia.

Pelaporan APBDes, lanjut Salmun, harusnya telah tuntas tanggal 31 Desember 2023 lalu. Nyatanya,sebagian desa meski telah diberikan pemahaman selalu berdalih dengan berbagai alasan.

” Tapi dari Januari sampai Maret tak kunjung diselesaikan. Disisi lain kita terus mengingatkan mereka , tapi kan tidak dihiraukan ” katanya. Li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.