A place where you need to follow for what happening in world cup

46 Sekolah di Lotim Terpilih sebagai Sekolah Penggerak

58

Hadi Jayari

SELONG, DS – Program sekolah penggerak yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyelesaikan tahap seleksi. Sehingga terpilih 46 sekolah di Lombok Timur sebagai sekolah penggerak.

Sebanyak 4 Taman Kanak-kanak, 24 SD, dan 18 SMP dipilih sebagai sekolah penggerak di Lombok Timur. Seluruhnya terpilih setelah melalui tahapan seleksi yang dilalui oleh sekolah yang telah mendaftar secara daring ke Kemendikbud.

“Total se-Indonesia, ada 2.500 sekolah yang tersebar di 34 Provinsi, dan 111 Kabupaten,” rinci Kepala Bidang Pembinaan SD Dikbud Lotim, Hadi Jayari, Kamis (01/07).

Tujuan sekolah penggerak adalah mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

“Harapannya menghasil profil pelajar pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman dan berakhlak mulia, bergotong royong, berbhineka tunggal ika,” terangnya.

Sekolah yang terpilih ini, nantinya akan menularkan keunggulan tersebut ke sekolah lainnya. Terutama dalam pelaksanaan pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup literasi, numerasi dan karakter.

Tidak hanya sekolah negeri, program ini juga menyasar sekolah swasta. Di Lombok Timur sendiri, ada 4 SD swasta yang terpilih dalam program ini.

“Anggaranya Rp.150 juta per sekolah. Yang bersumber dari BOS Afirmasi,” tuturnya.

Namun mekanismen penggunaan anggaran tersebut masih menunggu Juklak Juknis dari Kemendikbud. Dan belum tersalurkan juga dari pusat ke daerah. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas