Berbagi Berita Merangkai Cerita

29 Desa di Lombok Timur Belum Cairkan Dana Desa

0 153

SELONG, DS – Dana desa (DD) di Kabupaten Lombok Timur hingga saat ini belum dicairkan 100% dikarenakan belum diterimanya APBDes oleh DPMD Lombok Timur.Demikian dituturkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa , Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Timur, Martaniati, saat ditemui Senin (20/04).

“Yang sudah cair 210 desa. Yang lainnya belum mengusulkan. 29 yang belum,” tutur Marta seraya menyebutkan persyaratan pencairan DD, berupa APBDes belum diserahkan oleh ke-29 desa tersebut kepada DPMD Lotim. Ia pun menyebutkan, kendala utama yang dihadapi pihak desa adalah belum adanya kesepakatan antara pemerintah desa dengan BPD terkait penggunaan anggaran.

“Kan persyaratannya harus ada APBDes-nya. Kendala nya mungkin pihak desa belum sepakat dengan BPD,” ujarnya.

Diharapkan nya pada bulan Mei ini, seluruh DD sudah dapat dicairkan. Pihaknya pun telah terjun ke desa untuk mengidentifikasi permasalahan hingga menyebabkan belum selesainya penyusunan APBDes oleh pihak desa.

“Kita harapkan bulan Mei ini bisa selesai Hari Rabu kemarin kami sudah turun ke desa untuk mengetahui kendalanya. Kalau masalahnya regulasi, ataupun dengan BPD mungkin bisa kami mediasi,” tuturnya.

Sementara itu, untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, yang sudah dicanangkan dalam penanganan terdampak Covid-19, Marta meminta pihak desa untuk tidak ragu dalam penggunaan DD. Karena hal tersebut telah diatur dalam Permendes nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes, PDTT nomer 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020.

“Permendes nomor 6 tahun 2020 itu sudah jelas, nilai Rp. 800 juta itu 25%, Rp. 1,2 miliar itu 30%. Rp. 1,2 miliar ke atas itu 35%. Jadi susah jelas presentasenya. Dan itu mutlak harus dikerjakan,” rincinya. dd