Berbagi Berita Merangkai Cerita

28 ASN Kepincut Duduki Lima Kursi Pimpinan OPD Pemprov NTB

0 37

MATARAM, DS – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov NTB, H. Lalu Gita Ariadi, membantah anggapan calon kepala lima OPD sudah persiapkan. Bahkan ia mempersilakan semua pejabat yang memenuhi syarat ikut seleksi terbuka lima Kepala OPD untuk mendaftar. “Silahkan jemput takdirnya. Sekarang semuanya terbuka semua,” ujar Sekda menjawab wartawan, Jumat (6/3). Setidaknya, sudah 28 ASN kepincut dan mendaftar.

Gita menegaskan seleksi untuk lima jabatan Kepala OPD terbuka bagi semua pejabat provinsi dan kabupaten/kota yang memenuhi syarat. Seleksi akan dilakukan secara transparan dan akuntabel untuk menjaring calon Kepala OPD terbaik.

Gita merincikan, saat ini sebanyak 28 pejabat yang telah mendaftar. Mereka itu, terdiri dari sebanyak lima orang untuk jabatan Kepala BPKAD, sebanyak empat orang untuk jabatan Kepala BKD. Selanjutnya, sebanyak tiga orang untuk jabatan Kepala Dinas Dikbud, sebanyak 4 orang untuk jabatan Kepala DPMPTSP dan sebanyak 12 orang untuk jabatan Kepala Biro Pemerintahan.

“Dari lima jabatan eselon II yang dilakukan seleksi terbuka, jabatan Kepala Biro Pemerintahan memang paling banyak peminat. Karena jumlah pendaftar sudah mencapai sebanyak 12 orang saat ini,” kata Sekda.

“Biro Pemerintahan laris manis, dan sebanyak 12 orang sudah mendaftar,” sambung Gita.

Menyinggung jabatan Biro Pemerintahan yang paling banyak pejabat yang mendaftar, menurut Sekda, hal itu kemungkinan banyak pejabat yang tertarik untuk jabatan tersebut. “Setiap orang (pejabat yang mendaftar) punya jurus,” tandas Gita Ariadi.

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD NTB, Drs. H. Adam, MM mengatakan masih ada kesempatan bagi pejabat Pemprov dan kabupaten/kota yang memenuhi syarat untuk mendaftar sampai 5 Maret mendatang. Adam menyebutkan dari 28 pejabat yang mendaftar, sebanyak 4 orang berasal dari kabupaten/kota.

Namun Adam enggan menyebutkan secara rinci jabatan mana saja yang pendaftarnya berasal dari kabupaten/kota. Setelah pendaftaran ditutup 5 Maret mendatang, Pansel akan melakukan seleksi administrasi pada 9 Maret dan pengumuman seleksi administrasi 10 Maret.

Kemudian untuk tes kompetensi manajerial/psikologi akan dilaksanakan 11 – 12 Maret, penulisan makalah 13 Maret, presentasi dan wawancara 16 – 18 Maret. Pansel juga akan melakukan penelusuran rekam jejak bagi pendaftar yang lulus seleksi administrasi.

Penelusuran rekam jejak direncanakan mulai 10 – 18 Maret dan penetapan hasil seleksi 19 Maret. Sedangkan penyampaian laporan hasil Pansel ke gubernur direncanakan 20 Maret dan rencana pelantikan pada 27 Maret 2020. RUL.

Leave A Reply