Duta Selaparang

Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Anggota DPRD Lotim Santuni Penyandang Disabilitas dan Siapkan Pelatihan Life Skill

2 min read

SELONG, DS – Ada yang berbeda dari reses yang dilakukan oleh anggota DPRD Lombok Timur, M. Badran Achsyid. Bagaimana tidak, reses kali ini harus dilaksanakan ditengah wabah Covid-19 yang masih melanda Lombok Timur.

Untuk turut mengurai dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 tersebut, politisi Gerindra tersebut membagikan 32.000 paket bahan pangan, Sabtu (16/05/2020). Tentunya dengan mengikuti protap pencegahan penularan Covid-19.

“Hari ini kita siapkan 3.200 paket. Sementara, kita distribusikan ke 2 Kecamatan. Yaitu Kecamatan Masbagik, dan Kecamatan Aikmel,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat penerima bantuan diwajibkan untuk menggunakan masker. Masker pun disediakan dan dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

“Kita juga bagikan masker. Supaya masyarakat kita juga makin sadar pentingnya pakai masker di saat wabah seperti sekarang ini,” tegasnya.

Selain itu, Sebanyak 50 orang penyandang disabilitas juga turut mendapat bantuan yang terdapat beras, telur, gula, dan sarung di dalam satu paketnya. Badran pun mengakatan dirinya telah memprogramkan pelatihan keterampilan hidup (lifeskills), sesuai dengan minat dan bakat penyandang disabilitas itu sendiri. Namun, bagi penyandang disabilitas belum mampu mengasah lifeskills karena usia yang belum mencukupi ataupun faktor lain, maka pelatihan akan diberikan kepada keluarga terdekat yang bersangkutan.

“Tapi yang berkelanjutannya adalah lifeskills untuk mereka. Kalau penyandang disabilitas masih kecil, atau tidak mampu, orang tuanya yang kita berikan pelatihan lifeskills,” ucapnya.

Peralatan penunjang lifeskills juga akan diberikan secara cuma-cuma kepada penyandang disabilitas. Sehingga diharapkan, dengan keterampilan lifeskills yang dimiliki, kedepannya para penyandang disabilitas dapat berdikari secara ekonomi.

Karena disadarinya, pemberian bantuan berupa bahan pangan, hanya bersifat stimulan. Jauh lebih penting untuk membekali penyandang disabiltas dengan keterampilan hidup untuk membangun perekonomiannya sendiri.

“Bulan depan kita akan bantu lagi, paket seperti ini. Alat bantu penunjang lifeskills-nya juga. Misalnya yang punya bakat di elektronik, tentu yang kita berikan peralatan penunjang dibidang itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Al-hadi, Sihabuddin, SE, menyampaikan rasa terimakasihnya atas kepedulian anggota DPRD Dapil IV Lotim tersebut kepada penyandang disabilitas yang merupakan binaannya.

Ia pun menyematkan harapan, agar langkah serupa dapat diikuti oleh setiap anggota dewan. Minimal di daerah pemilihannya masing-masing.

“Disabilitas sama lansia ini, jarang yang memperhatikan. Saya harap, anggota dewan yang lain juga menangani masalah ini,” harap Sihabuddin.

Dikatakan lebih lanjut olehnya, Banyaknya penyandang disabilitas, membutuhkan perhatian tidak hanya berupa bantuan pangan. Namun, mereka juga perlu diberikan keterampilan hidup, sebagaimana yang diharapkan oleh keluarga para penyandang disabilitas tersebut.

“Sangat diharapkan yang seperti itu. Sehingga tidak hanya habis bantuan, selesai. Tapi bisa berkelanjutan, dengan lifeskill itu, bisa dia mandiri,”  ungkapnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat penerima bantuan, Muhammad Azzin, mengatakan dirinya merasa sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh wakil ketua DPRD Lotim tersebut. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan perekonomian masyarakat melorot.

“Pertama ada anggota DPRD di Kecamatan Masbagik ini, yang melakukan seperti ini. Semoga ini terus dilakukan pak Badran selama menjadi anggota DPRD,” ucap Azzin. Dd