Terapkan Physical Distancing, Lapas Selong Gelar Sidang Online

SELONG,DS- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong menggelar sidang secara online (daring) perdana Selasa. Kalapas Kelas IIB Selong, Herdianto, menyebut langkah tersebut sebagai upaya penerapan Pshycal Distancing (jaga jarak). Langkah ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah dalam memerangi penyebaran virus Covid-19.

“Layanan persidangan online merupakan salah satu upaya Lapas Selong untuk menerapkan Physical Distancing dalam persidangan. Guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 yang semakin hari semakin mengkhawatirkan,” ucap Herdianto kepada wartawan, Selasa (31/3).

Kalapas kelahiran Sumatera Selatan ini juga membeberkan berbagai fasilitas yang disediakan Lapas Kelas IIB Selong untuk mendukung lancarnya gelaran sidang daring tersebut. “Kami menyediakan fasilitas berupa laptop, yang dilengkapi dengan speaker, microphone dan kamera. Serta terhubung dengan proyektor,” sebutnya.

Lebih lanjut Herdianto menjelaskan sistem sidang daring menggunakan aplikasi bernama Zoom. Dimana pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Selong selaku host membagikan ID Meeting kepada pihak Lapas dan Pengadilan Negeri (PN) Selong.

“Kejari Selong sebagai host, membagikan ID meeting dengan aplikasi Zoom. Kemudian Lapas Selong, PN Selong akan join menggunakan ID yang sudah dibagikan,” jelasnya.

Pada hari itu, sebanyak empat perkara pidana yang disidangkan. Dengan rincian, tiga tersangka kasus pengerusakan dan satu orang yang tersangkut kasus narkoba. Tiga tersangka kasus pengerusakan telah menjalani sidang. sedangkan sidang kasus Norkoba, mengalami penundaan.

“Sejauh ini sidang berjalan lancar. Artinya secara garis besar dari hukum acaranya sudah sesuai. Karena ini sidang perdana, kedepannya masih banyak yang perlu kita evaluasi,” Kalapas Selong.dd

Tinggalkan Balasan