Kadis Kesehatan Pastikan Belum Ada yang Terpapar Corona di Lotim

SELONG,DS- Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lombok Timur, Dr. Hasbi Santosa, kepada wartawan Rabu (18/03/2020) menuturkan kepada wartawan, hingga saat ini belum ada yang terpapar virus Covid-19 di Lombok Timur.

“Belum ada yang positif (corona,red). Selama ini dari yang kita kirim, belum kita dapatkan yang positif,” jawab Hasbi saat ditanya wartawan terkait adakah pasien yang positif corona di Lombok Timur.
Dijelaskan lebih lanjut olehnya, sebanyak 38 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 19 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah terdata oleh Tim Penanganan Corona Lotim.

Salah satunya adalah WNA asal Malaysia yang masuk dalam data PDP dan telah diisolasi di RSUD Dr. Soedjono Selong masih belum terbukti corona. Adapun berita tentang WNA Malaysia keturunan Tionghoa yang hendak menikah dengan seorang warga Lombok tersebut telah diberitakan dalam media ini sebelumnya.

Sementara itu, adanya pasien yang dikabarkan suspect corona yang berasal dari Puskesmas Selong, Hasbi menyebut pasien tersebut telah masuk data PDP. Namun, status pasien tersebut terjangkit virus Covid-19 belum bisa dipastikan karena masih harus menunggu hasil pemeriksaan medis terhadap yang bersangkutan.

“Dia sudah masuk PDP tapi belum kita kirim swabnya (cek lendir saluran nafas,red),” ujarnya.
Tim Penanganan Corona Lotim pun telah memindahkan lokasi isolasi pasien terduga dari RSUD Dr. Soedjono Selong ke RSUD Lombok Timur Labuhan Haji. Upaya ditempuh setelah menggelar rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bupati, yang salah satu hasil keputusan rapat untuk memindahkan lokasi isolasi pasien terduga corona.

“Sehingga kita bisa mengisolir mobilitas pasien yang di Labuhan Haji,” pungkasnya.
Sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran corona, Pemda Lotim juga akan menyiapkan hands sanitizer dan air mengalir di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

“Kita minta untuk disediakan air mengalir untuk cuci tangan yang disertai desinfektan,” tandasnya.dd

Tinggalkan Balasan