Juknis Penggunaan DD untuk Tangani Covid Telah Keluar, Bupati Lotim Teken Surat Edaran

SELONG,DS- Penggunaan Dana Desa (DD) untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat Desa telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Desa (Kemendes) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. SE ini menjadi acuan dalam pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan menggunakan DD.

Sebagaimana SE tersebut maka Pemda Lombok Timur telah memperbolehkan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk menggunakan DD dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kepada wartawan Selasa (31/03/2020), Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy, menyebutkan petunjuk teknis (Juknis) penggunaan DD untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 telah dikeluarkan oleh Kemendes.

“Sudah ada Jukisnya dari Kementerian Desa. Di tanda tangani oleh Menteri Desa,” tuturnya.

Menurut Sukiman, tidak diperlukan Peraturan Bupati (Perbup) untuk menyikapi SE tersebut. Hanya diperlukan SE Bupati sebagai pemberitahuan kepada Pemdes untuk segera mengalokasikan Dana Desanya untuk perang melawan Covid-19.

“Menjabarkan Surat Edaran tersebut, maka Bupati membuat Surat Edaran juga. Baru kemarin saya tanda tangani. Dikonsepkan kepala Dinas PMD,” jelasnya.

Pendistribusian SE yang telah ditanda tanganinya tersebut, diharapkan dapat memanfaatkan tekhonologi. Terlebih, dimasa tanggap darurat pencegahan dan penanganan Covid-19 ini.

“Mungkin belum sampai ke desa-desa. Seharusnya kan didistribusikan lewat WA Camat. Nanti Camat yang distribusikan ke Kepala Desanya. Nanti kita cek,” tandasnya.dd

Tinggalkan Balasan