Berbagi Berita Merangkai Cerita

2 Anggota Kepolisian Polres Lotim Dipecat

0 21

SEONG,DS-Sebagai wujud penegakan disiplin di internal kepolisian, sanksi tegas dijatuhkan bagi personel yang berani melanggar tanpa pandang pangkat dan jabatan. Di Polres Lombok Timur, sikap tegas itu diperlihatkan dengan dilakukannya pemecatan terhadap 2 personelnya yang telah melanggar peraturan yang sudah ditetapkan institusi.

Bertempat di Mapolres Lombok Timur, Selaasa (3/7),  dilakukan upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap 2 anggota Polres Lombok Timur karena telah melanggar ketentuan yang berlaku bagi anggota kepolisian.

2 anggota Polres Lombok Timur yang dipecat itu, masing-masing Brigadir Eko Hadi Purwanto yang dinyatakan telah melanggar Pasal 12 ayat 1 Huruf a dan Pasal 13 Ayat 1 PPRI Nomor 1 Tahun 2003 Tentang Pemberhentian Anggota Polri dan Brigadir Asbari Kurniawan yang telah melanggar Pasal 14 Ayat 1 Huruf a PPRI Nomor 1 Tahun 2003 dan atau Pasal 7 Ayat 1 Huruf c Perkap Nomor 14 Tahun 2011 Tentang Kode Etik Profesi Polri.

Dalam amanatnya, Kapolres Lombok Timur, AKBP Muhammad Eka Fathurrahman, menyampaikan bahwa tindakan PTDH terhadap personel Polri merupakan salah satu upaya untuk mendisiplinkan anggota agar ke depannya tidak ada lagi anggota yang melakukan pelanggaran.

Kepada seluruh personel Polres Lombok Timur, Kapolres berpesan agar menghindari diri dari upaya melakukan pelanggaran sekecil apapun. Karena tindakan tersebut, selain merugikan diri sendiri, juga akan berdampak pada rusaknya nama baik institusi.

“Ini bagian dari peringatan bagi seluruh personel Polri. Institusi akan mengambil sikap tegas terhadap siapapun yang melanggar aturan. Karena itu, jangan sampai ada lagi anggota kepolisian di Polres Lombok Timur ini yang melakukan pelanggaran ke depannya. Institusi tidak akan segan untuk melakukan pemecatan,” tegas Kapolres di Selong.

Di saat 2 anggota Polres Lombok Timur diberhentikan tidak dengan hormat. 42 anggota Polres Lombok Timur lainnya mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. 41 orang merupakan anggota Polri dan 1 orang lainnya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditempatkan di Polres Lombok Timur.

Secara rinci, dari 41 personel Polres Lombok Timur yang mendapatkan kenaikan pangkat tersebut, masing-masing 1 orang berpangkat Briptu yang naik menjadi Brigadir, 5 orang dari pangkat Brigadir ke Bripka dan 35 lima orang lainnya dari pangkat Bripka ke AIPDA. Sementara, 1 ASN yang mendapatkan kenaikan pangkat tersebut, dari pangkat Pengatur ke Pengatur Tingkat 1.

Kapolres menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota Polres Lombok Timur yang mendapatkan kenaikan pangkat dengan menittip harapan agar kinerja semakin ditingkatkan sesuai dengan pangkat yang setingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Tak lupa juga disampaikan apresiasi mendalamnya atas telah suksesnya seluruh anggota Polres Lombok Timur dalam mengawal dan mengamankan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak tahun 2018. Di mana, pelaksanaan pilkada serentak di Lombok Timur berjalan dengan aman dalam situasi yang kondusif.(kis)

Leave A Reply