18 Parpol Sudah Daftar Bacaleg ke KPUD Lombok Timur

Ketua KPUD Lotim Dr.M.Junaidi saat menerima berkas pendaftaran bacaleg dari partai Perindo

Selong,DS – Sebanyak 18 Partai Politik (Parpol) sudah mendaftarkan seluruh Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, sejak dibuka pendaftaran tanggal 1 Mei 2023 hingga hari terakhir 14 Mei 2023 semua Parpol sudah resmi menyerahkan berkas pendaftaran.

Ketua KPU Lotim, Dr. M. Junaidi mengatakan dari 18 Parpol, 16 Parpol dinyatakan lengkap. Sisanya, dua Parpol yakni Partai Buruh dan Partai Gelora masih belum bisa diakses di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Dua Parpol ini diberikan waktu 2×24 jam untuk melengkapi dan sesuaikan data Silon,” terangnya.

Dijelaskan Junaidi, dua partai ini karena Silonnya belum bisa diakses. Mengenai syarat fisik sendiri katanya seluruh Parpol sudah dinyatakan lengkap. “Kalau persyaratan fisik sudah sesuai baik Partai Buruh maupun Gelora, tinggal Silonnya,”ujarnya.

Berdasarkan Surat KPU Nomor 476 tertanggal 13 Mei 2023, jika ada parpol mengali gangguan di dalam proses Silon diberikan waktu perpanjang.

Akses data Silon ini penting karena harus bersesuaian dengan data fisik. KPU sendiri melakukan pemeriksaan fisik dengan mencocokkan dokumen yang ada di Silon.

“Prinsipnya, 18 parpol ini tak masalah karena semua berkas pendaftaran lengkap,” sambungnya.

Terkait kursi masing-masing Parpol bervariasi. Karena KPU belum melakukan rekapitulasi, sehingga data retail belum diketahui. Hanya ada informasi lisan dari satu Parpol ada yang tidak penuh mengisi Bacaleg di semua Dapil

“Ada parpol berdasarkan informasi yang kita dengan saat diterima daftar itu mengaku hanya mengisi satu dapil, sisanya empat dapil tak ada calonnya,” demikian ungkapnya. Karena data Parpol dan Bacaleg ini cukup banyak sehingga KPU butuh waktu verifikasi data.lr

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.