162 Batang Kayu Sonokeling Diamankan Tim Gabungan di Hutan Bima

MATARAM, DS – Tim gabungan yang terdiri dari personel KPH Maria Donggomasa, anggota Kodim 1608/Bima dan anggota Brimob Sape berhasil mengamankan sebanyak 162 batang kayu Sonokeling di sepanjang sungai kawasan Hidirasa pada Jumat (31/5).

Ratusan kayu yang diamankan itu umumnya merupakan papan olahan yang ditemukan saat melaksanakan patroli pengecekan ke daerah Hidirasa. Meski demikian, tim gabungan tidak berhasil menemukan siapa pemilik dari kayu hutan tersebut.

“Tapi, kami bersepakat, mengevakuasi kayu-kayu itu ke atas truk guna selanjutnya kita bawa ke Kota Bima untuk keperluan penyelidikan dan identifikasi lebih lanjut,” ujar Komandan Kodim 1608 Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra menjawab wartawan, dalam siaran tertulisnya, Minggu (2/6).

Dandim mengatakan kayu tersebut berasal dari wilayah kawasan hutan lindung Blok Kaworo. Hal ini merujuk keterangan dari pihak KPH Maria Donggomasa. Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikannya, lantaran perlu dilakukan proses identifikasi kembali.

Dandim mengimbau untuk tidak lagi melakukan penebangan liar atau illegal logging, karena selain melanggar hukum, juga akan berdampak buruk bagi lingkungan. Banjir, kekeringan akan terjadi apabila penebangan hutan terus terjadi.

Senada dengan Dandim, petugas dari KPH Maria Donggomasa juga menegaskan akan terus berupaya secara maksimal untuk menekan kegiatan perambahan hutan. “Terus terang kami sangat terbantu dengan adanya support yang luar biasa dari Kodim 1608/Bima, baik secara fisik maupun dukungan moril bagi anggota di lapangan,” ungkapnya. RUL.

Tinggalkan Balasan