BSK Samawa

1,5 Hektar Lahan Hutan Dirambah, Personel Gabungan Patroli Lakukan Penyisiran

Sumbawa Besar, DS, Personel Gabungan terjun langsung melaksanakan patroli penyisiran area di Blok Ai Papang Brang Rea Puncak Ngengas Desa Tengah, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Kamis (18/04/24).

Personel gabungan tersebut terdiri dari Petugas KSDAE,Bhabinkamtibmas Desa Tengah Polsek Utan, Babinsa Desa Tengah, Kadus Tengah II, Polhut BKPH Brang Rea Puncak Ngengas serta Petugas Pamhut RPH Utan Rhee BKPH Brang Rea Puncak Ngengas.

Kapolsek Utan IPTU Awaluddin S.AP, M.M.Inov., mengatakan bahwa kegiatan patroli gabungan oleh TNI-Polri bersama instansi terkait tersebut dilaksanakan untuk meminimalisir tindak pidana kehutanan dalam kawasan hutan.

“Patroli tersebut dilakukan guna menindaklanjuti laporan masyarakat tentang adanya pembukaan lahan baru dalam kawasan hutan tepatnya Blok aAi pPapang yang berada dalam wilayah administrasi desa tengah.” ucap Kapolsek.

Personel gabungan secara bersama sama melaksanakan pengecekan lokasi perambahan hutan yang dilakukan oleh oknum masyarakat. Pada saat tim patroli tiba di lokasi, terduga pelaku tidak ada di tempat kejadian. Selain itu, tidak ditemukan barang bukti alat yang dipakai untuk menebang. Selanjutnya personel gabungan melakukan kalkulasi area dan mendapatkan luas area yang telah dirambah yaitu 1.3 hektar.

Kapolsek mengimbau masyarakat agar tidak melakukan penebangan liar di kawasan hutan lindung karena bisa berujung pidana.

“Kami imbau masyarakat tidak menebang dan membuka lahan di kawasan hutan tanpa izin serta segera melaporkan apabila ditemukan adanya tindakan penebangan liar di area kawasan hutan lindung,” katanya. (Hps)

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.