Berbagi Berita Merangkai Cerita

10 Ribu Bibit Pohon Gunung Bongak, Kapolda NTB Apresiasi Gagasan Pemuda Tumpak Selamatkan Lingkungan

25

FOTO. Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal saat melakukan penanaman secara simbolis di Gunung Bongak, Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. (FOTO. RUL/DS).

LOTENG, DS – Sebanyak 10.000 bibit pohon ditanam di Gunung Bongak, Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Minggu (28/11).

Kegiatan yang diinisiasi Komunitas pecinta lingkungan Dusun Bongak, Desa Tumpak tersebut dihadiri langsung Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal dan Kapolres Loteng AKBP Hery Indra Cahyono.

Mengangkat tema Gerakan NTB Hijau Menuju Destinasi Wisata Super Prioritas KEK Mandalika yang Asri dan Nyaman, kegiatan tersebut dihajatkan menyemarakkan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Adapun jenis dan jumlah pohon yang ditanam berjumlah sebanyak 13.000 bibit. Di antaranya, Gaharu sebanyak 3.000 bibit, Sengon sebanyak 2.000 Bibit, Trembesi 800 bibit, Nyamplung sebanyak 1.000 bibit, Alpukat sebanyak 250 Bibit, Kelengkeng 500 Bibit, Lamtoro 3.000 bibit

Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal mengatakan, perlindungan terhadap lingkungan bukan semata-mata kewajiban aparat, tapi peran serta masyarakat juga diperlukan

“Tugas Polisi Republik Indonesia, yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Namun Polri juga butuh bantuan dari para pemuda untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, gerakan seperti ini harus didukung oleh seluruh pihak dan sejalan dengan Program Kampung Sehat yang telah dicanangkan oleh Polda NTB,” jelas Kapolda dalam siaran tertulisnya, Minggu Malam (28/11).

Kehadiran Kapolda NTB dalam kegiatan tersebut untuk memberikan apresiasi karena cara pandang para pemuda sudah maju dan sangat peduli terhadap lingkungan.

Apalagi, salah satu persyaratan dilaksanakannya event Internasional di Kawasan KEK Mandalika sudah terlaksana. Yakni, jumlah cakupan vaksin yang telah mencapai target sesuai yang ditentukan oleh Dorna Sports.

“Kami hadir disini menyupport kepada adek-adek Mahasiswa dan para stakeholder lainnya untuk penanaman 10.000 lebih pohon, dan ini untuk penghijauan. Sehingga nanti KEK Mandalika bukan hanya terkenal dengan sirkuitnya, bangunan-bangunan dan hotel, tetapi juga terkenal juga dengan penghijauan,” jelas Kapolda.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Burhanudin menjelaskan, kegiatan penanaman 10.000 pohon merupakan inisiatif para pemuda Dusun Bongak.

“Kegiatan ini betul betul inisiatif dari pemuda Dusun Bongak untuk menjawab permasalah global hari ini. Harapan besar kegiatan seperti ini akan menjadi program prioritas di NTB,” ungkapnya.

Burhanudin, memberikan saran pada pihak aparat penegak hukum untuk terus menjaga hutan guna mencegah terjadinya praktik illegal logging.

“Terima kasih kepada bapak polda NTB serta polres loteng atas kehadirannya. Semoga ke depan pihak kepolisian dan aparat pemerintah lainnya terus menjaga hutan NTB agar bebas dari illegal logging yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas dia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit secara simbolis 10.000 bibit pohon oleh Dinas Lingkungan Hidup kepada panitia acara yang langsung diserahkan kepada Kapolda NTB untuk menanam pohon tersebut. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.