Minggu , 11 Juni 2017
Home / Tokoh / CERITA UNIK ALI BD: PEDULI MASJID
Ali BD bersama warga masyarakat

CERITA UNIK ALI BD: PEDULI MASJID

Ada hal yang berbeda di Lombok Timur, yakni cara pemerintahan Ali dalam konteks kepeduliannya terhadap pembangunan masjid. Walau tergolong ringan tangan membantu pembangunan masjid, Ali sangat sistematis dalam berpikir dan mengukur berapa seharusnya ia membantu pembangunan masjid tersebut.

Sebagan besar tempat ibadah itu dibangun dengan bantuan yang tidak sekali. Bayangkan, ribuan jumlah masjid di sana yang memerlukan perhatian. Berapa banyak dana yang dibutuhkan? Toh Ali mampu membantu secara bertahap, jika bukan dari dana pemerintah, ia pun membantu dari saku pribadinya.

Bantuan pertama biasanya mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 50 juta, baru kemudian dilanjutkan dengan bantuan kedua dan ketiga. Bantuan yang diberikan sifatnya sebagai pendorong semata. Nah, seluruh masjid berhasil membangun dengan motivasi itu. Tengok saja arsitektur masjid yang berada di desa terpencil sekalipun seakan-akan tiada duanya di Indonesia. Bangunannya indah dan megah.

Terlebih Masjid Raya Selong yang bantuannya sampai milyaran rupiah.
Namun ada satu hal yang tidak boleh terjadi berkenaan dengan bantuan yang diberikannya itu. Sebutlah jika muncul tengarai bahwa hal itu berkenaan dengan politik.Perlu bukti? Suatu kali misalnya, serombongan masyarakat sebuah desa bertemu dengan Ali. Nah, tokoh masyarakat ini meminta jika Ali membantu pembangunan masjid, segenap masyarakat di desa itu akan mendukungnya sebagai bupati untuk periode yang kedua. Apa kata Ali?

Mendengar pernyataan yang mencampurbaurkan antara kebijakan dan keikhlasan dengan politik kepentingan, Ali langsung marah besar. Kepada warga tersebut Ali berkata, ”Saya tidak perlu orang seperti anda ya! Saya perlu orang yang ikhlas berpikir!”

Bagi Ali, bantuan kepada masjid jangan dicampurbaurkan dengan kekuasaan. Kehadirnnya sebagai bupati karena ingin melakukan perubahan, bukan karena ingin jabatan. Jika ingin jabatan untuk sebuah status sosial maka berbagai cara yang salah bisa dilakukan. Sebab tanpa diminta pun tempat ibadah harus dibantu karena itu sebuah keharusan agar umat Islam bisa menjalankan ibadah dengan baik. r.rabbah

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

CERITA UNIK ALI BD : KEMBANGKAN PERSAUDARAAN

Membangunkan Lotim menggunakan beberapa pendekatan, yakni nilai-nilai agama. Bagi Ali, nilai-nilai Islam adalah kekuatan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *