Rabu , 18 April 2018
Home / Seni Budaya / Mengapa Lagu untuk Ali BD Menjamur?
Ali BD

Mengapa Lagu untuk Ali BD Menjamur?

Mengingat tentang semua perjuangan manismu

Memakmurkan rakyatmu

Keberanianmu tak akan kulupakan sampai akhir hayatku

Pengorbanan indahmu kan selalu terkenang

Bersamamu gentarkan dunia

Itulah lirik lagu yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Lombok Timur yang dinyanyikan Musty Band. Lagu berjudul “Ali BD Pemimpin Sejati” itu hanya sebagian kecil dari puluhan lagu yang diciptakan sejumlah musisi.

Setiap minggu selalu saja ada lagu baru yang dilahirkan dengan perspektif berbeda seakan menjadi kebutuhan. Pertanyaannya, mengapa untuk Ali BD lagu-lagu banyak tercipta sedangkan untuk calon lain begitu minim? Padahal, sebagian besar lagu itu diciptakan secara sukarela, bahkan sampai ada relawan yang merogoh sakunya sendiri.

Setidaknya, sederet lagu yang mengesankan dukungan pada Ali BD mengalir jelang Pilgub NTB. Kuatnya upaya melahirkan lagu dengan penekanan pada sosok “Sang Pendobrak” menjadi bentuk kesan yang lahir akibat dari perbuatan positif yang sudah dilakukan. Lagu itu diantaranya berjudul :

 

Maju Bersama Rakyat

Sang Pendobrak

Ali Sakti Side Doang

Pemimpin Harapan

Amaq Asrul

Ali BD Calon Gubernur

NTB Beragama

Bapak H.Ali BD

Ali Sakti

Pilih Pemimpin

Ali BD Pemimpin Sejati

Jalan Lain

Semeton Ali BD

Barisan Rakyat

MembangunTiada Henti

 

Judul lagu tersebut belumlah mewakili dari sekian banyak yang lain, karena beberapa lagu tidak sempat digarap secara maksimal di studio rekaman akibat kekurangan fasilitas pendukung. Akan tetapi para pendukung Ali BD tidak mengenal berhenti. Dengan dukungan audio seadanya pun lagu-lagu dilaunching ke publik seperti lewat youtube maupun FB, baik berupa lagu pop, dangdut, slow rock, kasidah hingga nasyid.

Salah satu yang direkam secara amatiran dibawakan oleh tiga orang pemuda dengan  iringan alat musik yang sederhana. Walau tanpa judul, lagu itu menarik perhatian hampir seribu netizen. Terdapat pula lagu yang diberi judul “Ali BD Maju Bersama Rakyat” yang belum diaransemen namun sudah diupload di youtube. Bunyinya begini :

 

Gunung rinjani puncak nan tinggi

Lubuk yang dangkal mana ikannya

Ngiring bernyanyi

Untuk bapak bupati

Untuk mengenal siapa dia

 

Lombok Timur tanahnya subur

Kaya adatnya kuat agamanya

Dia calon gubernur sifatnya jujur

Jiwa terbuka buat siapa saja

Dalam lagu-lagu itu memang terkandung niatan persepsi (intrinsik) kritis para musisi. Kenyataan yang mereka alami adalah sumber inspirasi dalam melahirkan karya seni. Karena, di antara para musisi itu, ada yang bersentuhan langsung dengan kepemimpinan Ali – yang tidak sebatas musisi, melainkan juga profesi lain.

Mengingat sumber kehidupan dari seni adalah peristiwa, fakta, konsep atau pengalaman yang dialami sebagai perasaan yang dituangkan, maka lewat jalur inilah segenap perasaan melebur.

Dalam konteks lagu-lagu tersebut ada fakta yang diekspresikan, yang membangkitkan keinginan, fantasi atau perasaan seniman. Karena, seni musik tidak hanya membicarakan tentang irama, melodi, harmony tetapi juga estetika maupun luapan keinginan. Keindahan dalam seni musik dapat menjadi penyeimbang agar penyajian seni musik dapat diterima oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua.

Dalam lagu yang diciptakan secara gratisan itu, ada pesan yang sangat jelas, yakni menyangkut pilihan politik sekaligus pilihan perasaan. Hal itu menjadi bagian integral dari sikap politik sang musisi untuk mengajak dan menyeru masyarakat. Seruan berkenaan dengan sesuatu yang secara sadar dialami dalam kehidupan sehari-hari, tentang kesederhanaan, kedermawanan, kejujuran, keberanian, dan keberpihakan pada rakyat miskin. Dan, sesuatu itu diyakini secara estetis bisa digapai sebagai cita-cita bersama. riyanto rabbah

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

LOMBA UNTUK SUBURKAN BAKAT SENI BUDAYA

MATARAM,DS-Pemerintah Provinsi NTB menggelar lomba gendang beleq, marching band dan Drum Band antar pelajar tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *