Kamis , 7 September 2017
Home / Religi / Warga Perumahan Panorama Alam Potong 4 Sapi
Penyerahan daging kurban di Panorama Alam Sesela

Warga Perumahan Panorama Alam Potong 4 Sapi

MATARAM, DS – Warga Perumahan Panorama Alam, Dusun Kebun Indah, Desa Sesela, Kecamatan Gunungsari, Lobar, melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban dalam memperingati hari raya Idul Adha 1438 Hijriah. Tercatat, sebanyak empat ekor sapi dipotong sehari setelah pelaksanaan sholat Ied atau tepatnya hari Sabtu (2/9).

“Jumlah 4 ekor sapi kali ini, meningkat dari pemotongan di tahun lalu yang hanya 2 ekor sapi” ungkap Ketua PHBI Masjid Hubburahman, Perumahan Panorama Alam Sesela, Ustad Khaeruman MPd menjawab wartawan.

Menurutnya, hewan kurban itu berasal dari iuran swadaya keluarga besar dua RT di Perumahan Panorama Alam, yakni RT 07 dan 08 yang menyalurkan untuk dipotong saat Idul Adha kali ini melalui kepanitian PHBI Masjid Hubburahman.

Hewan yang disembelih pertama kali adalah seekor sapi bali endemik Lombok berwarna coklat kehitaman dengan berat sekitar 600 kilogram (kg).

“Beratnya sekitar 600 kilogram, jenis sapi yang dipotong sapi bali endemik Lombok. Tidak sampai 1 ton kok beratnya,” kata Khaeruman.

Daging hasil pemotongan dikemas dalam bentuk paket berisi beberapa kantong dengan berat 1 kg per kantong yang umumnya disebar untuk masyarakat dua desa di sekitar komplek, yakni Sesela dan Jatisela dengan sistem kupon.

“Pendistribusian dalam bentuk kupon, ada sekitar 550 kupon. Kita fokuskan penyaluran ke 250 orang warga dua RT lengkap dengan para pembantu rumah tangga yang keseharian bekerja di areal perumahan. Selanjutnya, kami menyebarkannya merata ke semua dusun di dua desa, termasuk yayasan panti asuhan yang ada di sekitar komplek perumah,” jelas pria asal Lotim yang berprofesi sebagai dosen di IKIP Mataram itu.

Khaeruman menambahkan, kegiatan pemotongan qurban yang rutin yang diselenggarakan itu, merupakan upaya untuk meneladani sikap Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang rela berkorban, serta menumbuhkan rasa empati terhadap sesama masyarakat yang kebetulan masuk katagori tidak mampu.

“Kami akan terus berupaya mentradisikan semangat berbagi terhadap sesama dalam setiap momentum hari besar agama Islam,” tandasnya.fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

TGB BERHARAP FKUB PELOPORI KERJA BERSAMA ANTAR AGAMA

MATARAM,DS-Manusia adalah mahluk sosial yang sangat kompleks. Karenanya untuk dapat hidup berdampingan secara damai, tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *